Home > METRO BERITA > KULINER > 10 Fakta Tentang Bus Tingkat Semarjawi

10 Fakta Tentang Bus Tingkat Semarjawi

semarjawi bus tingkat semarang
Foto: Dok. Telkomsel Semarang

SEMARANG – Selasa (28/10)  kemarin Walikota Semarang, Hendrar Prihadi meresmikan bus wisata tingkat (double deck) Semarjawi dan dijadwalkan beroperasi mulai pekan depan. Berikut 10 Fakta Bus Wisata Semarjawi yang perlu anda ketahui:

1.   Bus Semar Jawi (Semarang Jalan-Jalan Wisata) adalah hibah dari PT Telkomsel sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR). Warga yang menginginkan naik bus ini, tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

2. Bus Wisata Semarjawi berdasarkan rencana awal akan berkeliling mulai dari Kota Lama- Lawang Sewu – Gedungbatu – Pandanaran – Simpanglima dan beberapa lokasi lainnya.

3.  Semarjawi merupakan singkatan dari Semarang Jalan-jalan Wisata.

4. Kepala Dinas Pariwisata Kota Semarang, Masdiana Safitri menyatakan operasional bus wisata bertingkat itu gratis bagi pengunjung. ”Operasional ditanggung oleh belanja daerah,” kata Masdiana.

5.  Semar Jawi berukuran panjang 747 cm, tinggi 315 cm, dan lebar 210 cm dengan kapasitas bagian bawah duduk 12 dan berdiri maksimal 20 penumpang. Sedangkan bagian atas duduk 24 penumpang.

6.  Bus Tingkat Semarjawi berpelat nomor H 467 A.

7.  Sopir dan kondektur Bus Semarjawi pun diberi pakaian dan desain khusus.

8. Rencananya bus tingkat Semarjawi itu akan beroperasi setiap hari Kamis hingga Minggu, sedangkan hari Senin hingga Rabu bisa digunakan untuk persewaan lembaga pendidikan dan instansi lain yang membutuhkan. 

9.  Bus Wisata Semarjawi dilaunching bertepatan hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2014.

10.  Pemkot Semarang membuka kesempatan perusahaan swasta untuk menyumbangkan bantuan bus sejenis dari dana corporate social responsibility (CSR).