Home > METRO BERITA > METRO SPORT > 10 Pemain PSIS Takluk di Sultan Agung

10 Pemain PSIS Takluk di Sultan Agung

psis2
PSIM (biru) memutus rekor tak terkalahkan PSIS. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

METROSEMARANG.COM – Rekor tak terkalahkan PSIS akhirnya terhenti di pertandingan ketujuh Indonesia Soccer Championship (ISC) B. Skuat Mahesa Jenar harus mengakui keunggulan PSIM Yogyakarta dalam laga yang digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu (30/7). Gol tunggal Rangga Muslim mengandaskan perlawanan PSIS yang harus mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain.

Tuan rumah langsung menggebrak sejak awal laga. Baru empat menit, Gilang Pratama Ramadhan sudah menciptakan peluang pertama buat PSIM. Sepakan jarak jauhnya masih melayang tipis di sisi kanan gawang Fajar Setya Jaya.

Hingga 10 menit laga berjalan, PSIS masih kesulitan mengalirkan serangan. Di menit 12, tuan rumah kembali mendapat kans mencetak gol. Tendangan bebas Dimas Priambodo harus ditepis dengan susah payah oleh Fajar.

Gempuran bertubi-tubi yang dilancarkan anak asuh Erwan Hendarwanto praktis membuat Johan Yoga cs kesulitan mengembangkan permainan. Di menit 18 giliran Rangga Muslim menguji kiper PSIS. Akselerasi pemain bernomor 15 dari sisi kiri, diakhiri sepakan ke tiang jauh. Beruntung, bola masih menerpa gawang.

Dua menit kemudian, sundulan Krisna Adi masih melenceng di sisi kiri gawang PSIS. Memasuki menit 20, tuan mulai mengendurkan tekanan.

Peluang pertama PSIS hadir di menit 28. Kerjasama satu dua Johan Yoga dan Hari Nur dituntaskan dengan tendangan mendatar oleh nama terakhir, namun masih belum menemui bidang sasaran. Di pertengahan babak pertama, PSIS menyuntikkan Feri Ariawan untuk menggantikan Edy Anto yang mengalami cedera.

Selepas masuk ruang ganti, PSIS lebih berani mengontrol gpermainan. Hari Nur dan Dani Raharjanto lebih sering menusuk dari sisi sayap. Namun, hingga 15 menit tim tamu belum mampu memberikan ancaman ke gawang PSIM.

Asyik menyerang, gawang PSIS justru nyaris jebol di menit 59. Tusukan Rangga Muslim di sisi kiri pertahanan Mahesa Jenar, diakhiri dengan umpan mendatar di mulut gawang. Sayang, pemain-pemain PSIM gagal mengkonversi menjadi gol.

PSIS mencoba membalas. Di menit 63, tim tamu mendapat hadiah tendangan bebas di luar area penalti PSIM. Bola sepakan Bahtiar ke sudut atas masih bisa ditepis Tito Rama.

Petaka buat PSIS hadir di menit 66. Bek kiri Fajar Bagus Bintoro harus meninggalkan permaianan setelah mengantongi kartu kuning kedua.

Unggul jumlah pemain, benar-benar dimanfaatkan PSIM. Gol yang ditunggu publik tuan rumah akhirnya tercipta di menit 73 melalui sontekan Rangga Muslim. Gelandang lincah ini lolos dari pengawalan di dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan keras tanpa bisa dijangkau Fajar Setya Jaya.

Di sisa pertandingan, Johan Yoga dkk makin bernafsu menyamakan skor. Menit 80, PSIS lagi-lagi memiliki kans dari tendangan bebas. Sayang, eksekusi M Yunus masih diselamatkan mistar gawang.

Keributan kecil terjadi di penghujung laga. Pemain-pemain PSIS memprotes keputusan wasit yang terlalu cepat meniup peluit akhir, meski saat itu tim tamu mendapat peluang dari tendangan bebas.

Skor 1-0 bertahan hingga akhir pertandingan. Ini adalah kekalahan pertama PSIS dari enam laga di ISC B, sekaligus memutus streak kemenangan dalam empat pertandingan terakhir.

Namun, hasil ini belum menggoyahkan posisi Mahesa Jenar di puncak klasemen Grup 4. Anak asuh Eko Riyadi mengoleksi 16 poin dan unggul lima angka di atas Persijap Jepara. (twy)

Susunan Pemain

PSIM 4-2-3-1: Tito Rama–Edo Pratama, Sunny Hizbullah, Riskal Susanto, Said Mardjan; Dimas Priambodo, Hendika Arga; Juni Riady, Pratama Gilang Ramadhan, Rangga Muslim; Krisna Adi Darma

PSIS 4-2-3-1: Fajar Setya Jaya–Safrudin Tahar, AM Bahtiar, Tegar Pribadi, Fajar Bagus; Edy Anto, Ahmad Agung; Dani Raharjanto, M Yunus, Hari Nur; Johan Yoga