Home > METRO BERITA > 100 Difabel Diberi Latihan Tanggap Bencana

100 Difabel Diberi Latihan Tanggap Bencana

METROSEMARANG.COM – Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kota Semarang menggelar pelatihan pengurangan risiko bencana inklusi dan pertolongan pertama gawat darurat. Sebanyak 100 difabel dari seluruh Jawa Tengah mengikuti kegiatan ini.

Pelatihan menghadapi gempa untuk kaum difabel di Balai Kota Semarang, Kamis (25/5). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Ketua HWDI Kota Semarang Laili Nurillahi mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah agar para difabel setidaknya bisa menyelamatkan diri sendiri ketika terjadi bencana. Baik bencana alam maupun bencana seperti kecelakaan, kemacetan, pengangguran dan lainnya.

”Bagaimana seorang difabel bisa menghadapi bencana ini, setidaknya dirinya sendiri, baru membantu orang lain. Kita ingin meksipun difabel kita bisa mandiri,” katanya pada kegiatan yang digelar di Gedung Moch Ichsan lantai 8 Balai Kota, Kamis (25/5).

Selama ini para difabel menurutnya kebingungan ketika dalam situasi terjadi bencana. Bagaimana caranya menyelamatkan diri. Karena itu, pihaknya ingin memberikan pemahaman dan pelatihan kepada mereka bagaimana caranya menyiapkan diri sebelum dan setelah terjadi bencana.

”Kita menggandeng dari Unit Lidi (Layanan Inklusi Disabilitas Indonesia), Buser, Basarnas dan Sarda. Hanya hanya fokus untuk menangani bencana,” tambahnya.

Ketika terjadi bencana diharapkan mereka tahu tahap-tahap dasar yang harus dilakukan agar selamat. Bisa memanfaatkan benda-benda di sekelilingnya. Misalnya, jika ada meja bisa sembunyi di bawah meja. Jika terjadi kebakaran dan pakai kursi roda segera turun dan tiarap dengan telentang.

”Karena kalau kebakaran di bawah masih ada oksigen. Selain materi diberikan praktik langsung dalam kegiatan ini,” pungkasnya. (duh)