Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > 112 Author dari Lima Negara Presentasikan Paper Bertema Teknologi di Isemantic

112 Author dari Lima Negara Presentasikan Paper Bertema Teknologi di Isemantic

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 112 author dari beberapa negara seperti Amerika, Cina, Malaysia, Jepang, dan Indonesia, mempresentasikan papernya dalam Parallel Session. Presentasi paper ini merupakan bagian dari seminar internasional bertemakan tekhnologi, Isemantic (International Seminar on Application for Technology of Information and Communication) yang digelar Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Jumat-Sabtu (5-6/8).

Pembukaan Isemantic di Udinus, Jumat (5/8). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Pembukaan Isemantic di Udinus, Jumat (5/8). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Pembicara utama seminar ini adalah Muhammad Dimyati perwakilan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Taufik dari California Polytechnic State University, Adang Suwandi Ahmad dari School of Electrical Enginering & Informatics ITB dan Hector Sanchez Lopez dari Nanjing Cichen Medical Technology in Nanjing China.

“Harapan saya, kegiatan Isemantic ini dapat menambah inovasi yang dibutuhkan negara kita, sehingga makin banyak masalah yang terpecahkan dengan adanya riset-riset dari para akademisi,” ujar Dimyati.

Presentasi paper ini juga menunjang usaha pemerintah dalam memetakan riset-riset peneliti di perguruan tinggi. Menurut Dimyati, saat ini pemerintah sedang mendorong agar jumlah riset yang terpublikasi mampu mencapai 12.000. Oleh karena itu, kata dia, riset dari para akademisi ini akan sangat berguna.

“Indonesia itu hebat, terutama dalam riset di bidang kesehatan, kemudi juga di bidang ICT, teknologi aplikasi yang mereka ciptakan seperti Go-Jek dan Uber, itu sangat memengaruhi pertumbuhan ekonomi,” paparnya.

Dian Retno Sawitri, Ketua Panitia Isemantic 2016 memiliki harapan serupa dengan Dimyati. Ia sangat berharap dari Isemantic akan melahirkan ilmu pengetahuan dan teknologi masa depan yang lebih baik. Sesuai dengan isu yang diangkat yakni Science and tecnologi for a better future.

“Nantinya seluruh paper dari author di Isemantic ini akan dibukukan di Prociding dan IEEE explor complience” terang Dian. (vit)