Home > METRO BERITA > 13 Kali Beraksi, Lima Begal Diringkus

13 Kali Beraksi, Lima Begal Diringkus

Para pelaku saat digelandang ke Polrestabes Semarang. Foto: Metro Semarang/Ilyas Aditya
Para pelaku saat digelandang ke Polrestabes Semarang. Foto: Metro Semarang/Ilyas Aditya

SEMARANG – Lima pelaku aksi pencurian dengan kekerasan di wilayah Semarang berhasil ditangkap jajaran Polsek Tembalang, Semarang. Mereka ditangkap tak lama setelah melakukan aksi perampasan di Jalan Gondang Raya, no. 2, pada Jumat (14/11) lalu.

Kelima tersangka yakni, Lintang Fajri Angga Wijaya (20), warga jalan Pucang Adi XII, no. 4 Semarang, Andrianto (22), warga Mranggen, Demak, Wahyu Kurniawan (21), warga Pucang Asri, Semarang, serta RAP (16) warga Pedurungan dan RA (18), warga Mranggen, Demak.

Komplotan tersebut merupakan kelompok yang selalu membuat resah warga Semarang dengan berbagai aksi pencurian dan kekerasan yang dilakukannya. Dalam penangkapan tersebut, diketahui mereka juga pernah menyatroni sebuah warung dijalan Timoho Barat, Semarang, pada Minggu, 5 Oktober 2014.

Otak perampasan, Lintang Fajri, mengaku, mereka nekat melakukan berbagai aksi kejahatan karena tidak memiliki uang untuk membeli minuman keras. “Kami sudah beraksi di 13 lokasi berbeda. Hasilnya berupa ponsel dan motor langsung kami jual,” tutur remaja yang juga residivis kasus serupa tersebut, Senin (24/11) siang.

Sementara, Kapolrestabes Semarang, Kombes Djihartono, mengatakan, kelima tersangka merupakan target yang sudah lama diincar pihak kepolisian. “Saat beraksi, beberapa dari mereka menggunakan pisau dapur untuk mengancam korbannya. Otak perampasan merupakan residivis dan pernah ditahan karena kasus serupa,” ujarnya, di Mapolrestabes Semarang.

Barang bukti berupa sebilah pisau dapur, dua buah ponsel dan satu unit motor Jupiter Z bernopol H 2014 HH berhasil diamankan dari tangan pelaku. “Mereka akan dikenakan dengan pasal 365 atau 368  KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 9 tahun penjara,” tandas mantan Kabidhumas Polda Jateng tersebut. (Yas)