Home > METRO BERITA > 171 Napi Wanita Dapat Remisi, 6 WNA Tunggu Keputusan Kemenkumham

171 Napi Wanita Dapat Remisi, 6 WNA Tunggu Keputusan Kemenkumham

METROSEMARANG.COM – Kabar baik kembali dihembuskan pemerintah bagi narapidana wanita yang merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-71 pada Rabu (17/8) besok. Di Semarang, sebanyak 171 narapidana wanita di Lapas II A Wanita bakal mendapat remisi dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Narapidana wanita saat mengikuti perlombaan di Lapas Kedungpane, Senin (15/8). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Narapidana wanita saat mengikuti perlombaan di Lapas Kedungpane, Senin (15/8). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

“Sebanyak 171 tahanan wanita di tempat kami akan dapat remisi bervariasi mulai sebulan sampai maksimal enam bulan,” kata Kepala Lapas Klas II A Wanita Semarang Suprobowati saat dikontak, Selasa (16/8).

Kendati demikian, kata dia, remisi bagi enam warga negara asing (WNA) di lapasnya masih tertunda karena masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

“Yang remisi tahanan WNA masih menunggu persetujuan dari Dirjen Pemasyarakatan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pemberian remisi bagi keenam WNA paling lambat diberikan setelah 17 Agustus atau usai perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-71. “Keenam narapidana asing itu kebanyakan terlibat narkoba,” ujar Suprobowati.

Untuk saat ini, menurutnya tinggal 78 narapidana yang masih menunggu remisi dan Dirjen Pemasyarakatan Kemenkunham. Ia memastikan para narapidana yang berhak memperoleh diskon tahanan yaitu mereka yang telah mendekam di bui lebih dari enam tahun.

Adapun syarat-syarat mendapat remisi ialah narapidana harus berkelakuan baik, tidak memiliki masalah hukum antar warga binaan serta mematuhi aturan di dalam lapas. (far)