Home > METRO BERITA > 2 Mobil Dinas DPRD Kota Semarang Belum ‘Ngandang’

2 Mobil Dinas DPRD Kota Semarang Belum ‘Ngandang’

image

SEMARANG – Dua mantan anggota DPRD Kota  Semarang 2009-2014 diketahui belum mengembalikan mobil dinas jenis Avanza dan Panther hingga sekarang. Padahal semestinya kendaraan dinas tersebut sudah dikembalikan mereka sejak tiga bulan yang lalu.

Total ada 15 mobil dinas yang digunakan oleh para anggota dewan pada periode tersebut. Dari jumlah tersebut, baru 13 yang telah dikembalikan kepada pemiliknya, yaitu Bagian Rumah Tangga Pemerintah Kota Semarang. Hal ini diakui sendiri oleh Sekretariat DPRD Kota Semarang.

Menurut Sekretaris Dewan (Sekwan) Fajar Purwoto, pihaknya melakukan pinjam pakai mobil dinas dari Bagian Rumah Tangga Pemkot Semarang sebanyak 15 mobil. Kendaraan tersebut dipakai oleh para anggota dewan tertentu sesuai dengan ketentuan yang ada.

Setelah masa keanggotaan DPRD 2009-2014 berakhir maka semua mobil dinas tersebut telah dikembalikan. Semua mobil tersebut dikembalikan sejak tiga bulan yang lalu atau tepatnya pada bulan Mei.

‘’Mobil tersebut segera dikembalikan karena membebani (anggaran), karena kita sifatnya hanya pinjam pakai,’’ kata Fajar Purwoto Jumat (5/9/2014).

 

Namun diakui setelah dikembalikan masih ada dua anggota dewan yang masih menggunakan mobil dinasnya. Meskipun sebenarnya mereka bahkan tidak lagi menjadi anggota dewan baru di periode 2014-2019. Dua mantan anggota dewan tersebut atas nama Hendro Sukmono dan Anna Endrawati.

Setelah dikonfirmasi, kata Fajar, mereka ternyata memang memperpanjang masa peminjaman. Namun atas nama mereka sendiri, yang diajukan langsung peminjamannya kepada Bagian Rumah Tangga Pemkot Semarang. Karena itu, persoalan belum dikembalikannnya mobil dinas tersebut bukan lagi jadi urusannya.


Namun, harapannya kedua anggota dewan tersebut segera mengembalikan mobil dinasnya. Karena menurut informasi yang diterimanya, kata Fajar, Bagian Rumah Tangga sekarang jadi susah untuk menghubungi mereka. Dan juga susah dicari keberadaannya. ‘’Mungkin ini hanya persoalan komunikasi saja, antara Bagian Rumah Tangga dan mereka,’’ katanya.

Kepala Bagian Rumah Tangga dan Santel Pemkot Semarang, Hartana Subekti, mengaku semua mobil dinas yang dipinjam oleh dewan sudah dikembalikan. Tidak ada laporan penggelapan kendaraan dinas oleh siapapun. Bahkan semua mobil yang digunakan anggota dewan itu sudah dikembalikan sebelum pelantikan anggota dewan baru periode 2014-2019. ‘’Sudah dikembalikan semua sebelum pelantikan,’’ tandasnya.

Sementara ketika dihubungi lewat telepon nomer Hendro Sukmono yang terdaftar di Buku Kerja 2013 Pemerintah Kota Semarang sudah tidak aktif. Begitu juga nomer telepon Anna Endrawati tidak bisa dihubungi.(MS-13)