Home > METRO BERITA > METRO JATENG > 23 Peserta Pilkada Serentak Jateng Jalani Tes Kesehatan di Semarang dan Solo

23 Peserta Pilkada Serentak Jateng Jalani Tes Kesehatan di Semarang dan Solo

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 23 pasangan calon (paslon) Pilkada serentak di Jawa Tengah menjalani tes kesehatan di dua rumah sakit, RSUP Dr Kariadi Semarang dan RSUD Dr Moewardi Solo.

Foto: Suasana Gedung Diklat RSUP dr Kariadi yang menjadi lokasi pemeriksaan kesehatan para peserta Pilkada serentak. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Pasangan yang diusung PDIP, PPP, Nasdem dan Demokrat, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimun, serta pasangan yang diusung PAN, PKS, PKB, Gerindra, Sudirman Said-Ida Fauziah menjalani tes kesehatan di RSUP Dr Kariadi. Selain mereka, terdapat pula paslon dari Pilbup Kudus, Pilbup Tegal, dan Pilwalkot Tegal.

Untuk agenda pemeriksaan hari ini, Jumat (12/1), difokuskan pada pemeriksaan bebas narkotika dan psikotropika oleh petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Jateng.

Komisioner KPU Divisi Teknis, Ikhwanudin, menyebutkan usai tes kesehatan, dilanjutkan dengan tes psikologi oleh Himpunan Sarjana Psikologi (HIMPSI) Jateng. “Ini nanti akan dilanjut sampai jam 5 sore. Dan hasilnya akan diumumkan 16 Januari 2018,” tutur Ikhwanudin, di Gedung Diklat RSUP Dr Kariadi.

Jumlah paslon yang menjalani tes kesehatan di Kariadi, ujarnya, ada sekitar 15 orang. Sedangkan tes kesehatan bagi paslon Pilbup Karanganyar, Magelang, Temanggung, dan Banyumas dipusatkan di RSUD dr Moewardi Solo.

Humas RSUP Dr Kariadi, Widaryanto menyatakan pihaknya melibatkan 20 dokter spesialis untuk memeriksa kesehatan para paslon. Jumlah itu sudah termasuk tim Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Pemeriksaan mulai penyakit dalam sampai kesehatan kandungan untuk calon perempuan.

Setelah ini, tahapan yang masih harus dilalui para paslon adalah pemeriksaan jasmani. Rencananya, cek kesehatan ini akan dilangsungkan pada hari Sabtu (13/1) di Paviliun Garuda, RSUP Dr Kariadi. (far)

Tinggalkan Balasan