Home > METRO BERITA > Setelah 26 Tahun, Lahan TPA Jatibarang 44,5 Hektare Kini jadi Aset Pemkot

Setelah 26 Tahun, Lahan TPA Jatibarang 44,5 Hektare Kini jadi Aset Pemkot

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menerima sertifikat hak pakai tanah 44,5 hektare untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Pengurusannya sudah sejak tahun 1990 atau 26 tahun.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi didampingi Wakil Wali Kota Hevearita G Rahayu memberikan penghargaan dan cinderamata kepada Kepala BPN Kota Semarang Jonahar, Jumat (30/12). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Tanah negara tersebut kini sebagai aset Pemkot Semarang. Penyerahan sertifikat oleh Kepala BPN Kota Semarang, Jonahar kepada pemkot yang diwakili Sekda kota Adi Trihananto telah dilakukan beberapa hari lalu.

Sebagai wujud apresiasi, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pun memberikan piagam penghargaan kepada BPN, Jumat (30/12), di balai kota. Bersamaan dengan acara penyerahan sarana prasarana dan utilitas dari pengembang kepada pemkot.

Hendi, panggilan akrab wali kota, berharap diserahkannya sertifikat hak pakai ini dapat memaksimalkan penggunaan lahan TPA Jatibarang. Sehingga memberikan manfaat bagi warga sekitar dan Kota Semarang.

”Sertifikat hak pakai ini memberikan jaminan dan kepastian hukum program-program pengelolaan TPA Jatibarang yang dilakukan pemkot,” kata Hendi.

Setelah sertifikat diperoleh, rencananya akan dilakukan kerja sama dengan pihak ketiga untuk pengolahan sampah. Sampah akan digunakan sebagai sumber energi listrik yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar TPA. (duh)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link