Home > METRO BERITA > Indahnya Pohon-Pohon Natal Hasil Daur Ulang di Gereja Gedangan

Indahnya Pohon-Pohon Natal Hasil Daur Ulang di Gereja Gedangan

Pohon Natal dari barang bekas dilombakan di Gereja Gedangan. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Pohon Natal dari barang bekas dilombakan di Gereja Gedangan. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

METROSEMARANG.COM – Gereja St Yusup Gedangan merancang perayaan Natal yang istimewa pada tahun ini. Mengangkat tema lingkungan, gereja yang terletak di Jalan Ronggowarsito Semarang itu mengadakan lomba pohon Natal dari barang bekas.

Ada yang berbeda di halaman Gereja Gedangan, Senin (21/12) sore. Deretan pohon Natal terlihat begitu indah, lengkap dengan asesoris pendukungnya. Tapi, siapa sangka pohon-pohon itu ternyata dibuat dari barang bekas daur ulang sampah unorganik.

Ada 13 pohon Natal di situ, yang merupakan kreasi tangan-tangan terampil umat gereja setempat. Pemanfaatan barang bekas tersebut sesuai tema perayaan Natal tahun ini, yakni Mencintai Allah dan Lingkungan dalam Suka Cita Natal.

“Dari yang kami ilhami, ever green mempunyai makna pohon Natal artinya. Tapi di sini juga ever green ada dobel makna karena kita jadi punya pohon Natal yang go green,” kata Esther Lia Wijaya, Panitia Pelaksana lomba pohon Natal saat ditemui di Gereja Gedangan.

Menurut Esther, lomba pohon Natal ini diikuti seluruh wilayah Paroki Santo Yusup Gedangan. Adapun wilayah yang berpartisipasi antara lain, Theresia, Petrus, Fransiskus Xaverius, Leonardus, Vincentius, Thomas, Hati Kudus, Gregorius, Maria, Adrea, dan Christoporus.

Esther menambahkan, semua pohon Natal harus dibuat dari barang bekas agar tidak membebani umat. Penilaiannya meliputi keindahan, material yang digunakan, dan waktu pengerjaan. “Terakhir proporsi, kami punya ketentuan tinggi 2.5 meter,” jelasnya.

Bahan yang dipakai merupakan bahan bekas anorganik dari botol, plastik, pita, dan lainya. Pemenang rencananya akam diumumkan pada malam Natal atau Kamis (24/12) usai missa pertama dengan total hadiah Rp 2.250.000.(CR-08)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link