Home > METRO BERITA > PILWAKOT SEMARANG > Tanpa Dihadiri Soemarmo dan Sigit, Rapat Pleno KPU Tetap Putuskan Hendi Jadi Wali Kota

Tanpa Dihadiri Soemarmo dan Sigit, Rapat Pleno KPU Tetap Putuskan Hendi Jadi Wali Kota

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih di Ruang Lokakrida, Gedung Moch Ihsan lantai 8 Komplek Balai Kota Semarang pada Selasa (21/12) sore. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih di Ruang Lokakrida, Gedung Moch Ihsan lantai 8 Komplek Balai Kota Semarang pada Selasa (21/12) sore. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

METROSEMARANG.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih di Ruang Lokakrida, Gedung Moch Ihsan lantai 8 Komplek Balai Kota Semarang pada Selasa (21/12) sore. Dari tiga Paslon yang diundang, hanya Paslon nomor urut 2, Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu hadir.

“Kami sudah mengundang ketiga Paslon untuk hadir dalam Rapat Pleno ini, namun yang hadir hanya Paslon terpilih, yaitu Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu,” kata Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono dalam Rapat Pleno tersebut.

Meskipun demikian, Rapat Pleno yang beragendakan penetapan Paslon terpilih tetap dilanjutkan dan berlangsung lancar. Rapat Pleno ini berjalan sesuai rencana lantaran dalam 3×24 jam setelah rekapitulasi hasil suara dalam Pilwakot pada 16 Desember 2015 lalu.

“Gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) bisa dilakukan jika selisih suara terpaut maksimal 0,5 persen atau sekitar 1.600 suara. Tetapi yang terjadi di Semarang, selisih suara mencapai 100 ribu suara sehingga gugatan tidak bisa dilakukan,” tutur Henry.

Untuk pelantikan Wali Kota terpilih, Henry tidak bisa memastikan lantaran pelantikan tersebut sudah menjadi domain Kemendagri. KPU akan segera menyerahkan hasil penetapan ke DPRD kemudian diteruskan ke Kemendagri melalui Gubernur.

Rekapitulasi suara KPU menyatakan, pasangan Hendi-Ita memenangi Pilwakot Semarang 2015 dengan meraup 320.745 suara. Mengalahkan pasangan calon nomor urut satu Soemarmo-Zuber Safawi 220.745 suara dan pasangan calon nomor urut tiga Sigit Ibnugroho-Agus Sutyoso 149.712 suara. (ade)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link