Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > 38.750 Peserta SBMPTN akan Diuji di Semarang dan Magelang

38.750 Peserta SBMPTN akan Diuji di Semarang dan Magelang

METROSEMARANG.COM – Ribuan peserta ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBPMTN) 2017 Panitia Lokal (Panlok) 42 akan melaksanakan tes pada Selasa (16/5) besok. Sebanyak 35.091 peserta yang terbagi dalam 3 ┬ákategori yakni Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humanipora (Soshum) dan Campuran akan menjalani tes di Semarang. Sementara sebanyak 3.659 menjalankan tes di Magelang.

Muhammad Zainuri
Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Koordinator Panlok 42, Muhammad Zainuri mengatakan tempat digelarnya tes terbagi dalam beberapa lokasi. “Kalau yang tulis memakai sekolah seperti SMA 12, SMA 5, SMA 6, dan SMA Teuku Umar. Kemudian ada di universitas swasta juga seperti Untag, UPGRIS dan beberapa lainnya,” ujar Zainuri di ICT Undip, Tembalang Semarang, Senin (15/5). Sementara di Magelang sendiri, tes akan di gelar di Untidar dan beberapa sekolah di sekitarnya.

Untuk teknis, tes dibagi dalam dua kategori yakni Computer Based Tes (CBT) dan Paper Based Test (PBT). Untuk CBT dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Diponegoro (Undip). Sedangkan untuk PBT tersebar di berbagai lokasi yang melibatkan SMA setempat baik Semarang maupun Magelang.

Untuk persiapan yang harus dilakukan para peserta antara lain, kartu peserta SBMPTN, toto copy ijazah untuk lulusan 2015 dan 2016, Surat Keterangan Lulus (SKL) bagi lulusan 2017, peralatan tulis, dan kartu identitas.

Sementara untuk menghindari maraknya joki ujian, panitia telah menyiapkan beberapa antisipasi. Selain mengingatkan para pengawas, pengecekan tiap peserta juga tetap dilakukan.

“Kami akan mengecek ketika penandatanganan berita acara, juga cek foto apakah sesuai dengan yang ada di kartu,” tambah Zainuri.

Tes SBMPTN dilakukan selama tiga hari. Hari pertama dilakukan tes teori dan di hari selanjutnya dilakukan tes keterampilan bagi beberapa program studi yang membutuhkan. (fen)