Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > 4.832 Mahasiswa Unnes PPL di 13 Kota di Jateng dan Jatim

4.832 Mahasiswa Unnes PPL di 13 Kota di Jateng dan Jatim

Para mahasiswa Unnes sedang dilepas di lapangan (foto: Metro)
Para mahasiswa Unnes sedang dilepas di lapangan (foto: Metro)

 

SEMARANG – Sebanyak 4.832 mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ke sekolah praktikan. Mereka akan mengajar selama tiga bulan, mulai Senin (4/8) hingga Jumat (31/10) di 13 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum, menjelaskan, mahasiswa akan ditempatkan di 293 sekolah, mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, hingga SMA. Selama praktik mengajar, mereka didampingi 2.200 dosen pembimbing, 2.400 guru pamong, dan 293 dosen koordinator.

Tiga belas kabupaten/kota tersebut meliputi Surabaya, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Magelang, Salatiga, Demak, Pekalongan, Batang, Kendal, Jepara, Tegal, dan Purworejo. Selain itu, Unnes juga menerjunkan 14 mahasiswa PPL ke Malaysia bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI).

Prof Fathur Rokhman mengatakan, mahasiswa PPL merupakan calon guru profesional. Sebagai calon guru profesional harus memegang empat kompetensi yakni kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian.

“Keempat kompetensi itu harus menyatu dalam bentuk sikap dan ucapan. Ketika salah satu kompetensi itu kurang maka tidak bisa guru itu disebut sebagai guru profesional,” kata Prof Fathur.

Para mahasiswa akan praktik mengajar di sekolah-sekolah yang sudah menggunakan Kurikulum 2013. Mereka siap mengimplemplementasikannya karena sudah dibekali dan diarahkan untuk menggunakan metode belajar sesuai Kurikulum 2013.

Mulai dari menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat materi, model, media pembelajaran, dan instrumen evaluasi. Selain itu juga, saat peer teaching dan pembekalan di tingkat universitas juga sudah diarahkan ke kurikulum 2013. (MS-06)