Home > METRO BERITA > METRO GAYA > 4 Jenis Konten Ini Berpeluang Dulang Uang

4 Jenis Konten Ini Berpeluang Dulang Uang

METROSEMARANG.COM – Ingin turut mencicipi manisnya mendulang rupiah dari dunia maya? Cobalah membuat empat konten berikut ini. Informasi, tips atau apapun tentang olahraga, hiburan, kartun dan teknologi.

Workshop 'how to monetize your blog and web' yang diadakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Pekanbaru. Foto: metrosemarang.com/eka handriana
Workshop ‘how to monetize your blog and web’ yang diadakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Pekanbaru. Foto: metrosemarang.com/eka handriana

Senior Business Development UCWeb, Alibaba Mobile Business Group, Ghanniy Fitra mengatakan empat jenis konten tersebut memiliki gap yang jauh antara permintaan dan ketersediaannya.

“Artinya masih ada peluang besar bagi penyedia konten individu seperti blogger ataupun media online untuk menggarapnya secara serius,” katanya dalam workshop bertajuk ‘how to monetize your blog and web’. Workshop itu merupakan salah satu rangkaian acara festival media yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia di Pekanbaru, Riau 19-20 November 2016.

Meningkatnya infrastruktur internet di Indonesia ikut mendorong peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia. Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet Indonesia saat ini mencapai lebih dari setengah penduduk Indonesia.

Survei yang dilakukan sepanjang 2016 itu menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet. Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang. Banyaknya warga Indonesia yang terhubung pada internet membuatnya menjadi ruang publik yang besar. Tentu saja kebutuhan akan informasi di ranah maya juga semakin besar.

“Termasuk kebutuhan informasi tentang empat hal tadi. Olahraga, entertainment, komik dan teknologi. Ketersediaannya masih sangat sedikit dibanding kebutuhannya,” kata Ghanniy. Peluang itu tentunya sangat mendukung untuk meraih kunjungan sehingga memancing datangnya kue iklan.

UCWeb sendiri telah meluncurkan UCNews pertengahan tahun ini, sebagai agregator konten mobile. UCNews memungkinkan pengguna untuk mengatur konten berlangganan, memilih sendiri konten yang ingin dibaca.

UCNews merupakan platform didukung oleh teknologi ‘big data’ yang menyajikan berita pilihan dan terpopuler dengan lebih dari 20 kategori termasuk berita nasional dan internasional, teknologi, hiburan, film, gaya hidup, kesehatan, humor, dan lain-lain.

UC News mengidentifikasi dan mencocokkan topik yang sedang hangat di Facebook dan Twitter, serta menentukan trending topic sebelum merekomendasikannya kepada pengguna.

Ketua AJI Indonesia, Suwarjono mengatakan, konsumsi informasi digital semakin meningkat. Pihaknya mendorong para penyedia konten lokal untuk menyediakan informasi yang berkualitas.

“Ini merupakan kesempatan bagi penyedia konten lokal. Selama ini para blogger dan jurnalis warga di Indonesia punya kesulitan teknis dan mendulang pendapatan dari konten yang dibuatnya. Sehingga banyak yang berhenti membuat konten bermutu karena terkendala teknis dan biaya operasionalnya,” kata Suwarjono. (han)