Home > METRO BERITA > Ratusan Koper Calhaj asal Semarang Siap Diterbangkan ke Mekah

Ratusan Koper Calhaj asal Semarang Siap Diterbangkan ke Mekah

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 355 koper milik calon jemaah haji (calhaj) pada hari ini, Selasa (23/8), dikumpulkan di Islamic Center Semarang agar dapat segera diterbangkan ke Tanah Suci Mekah. Pengumpulan koper milik calhaj tersebut dikawal sejumlah tentara serta panitia penyelenggara haji di Kemenag Kota Semarang.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Abdullah Ichwan, perwakilan keluarga haji dari Ponpes Az-Zuhri Ketileng, mengaku lega telah mengumpulkan koper-koper milik kerabatnya yang akan menunaikan ibadah haji. “Ini saya kirim 11 sekaligus karena jumlahnya yang mau berangkat memang sangat banyak,” kata Ichwan kepada metrosemarang.com.

Ichwan bilang tahun ini merupakan jumlah kerabatnya yang terbanyak menunaikan ibadah haji. Untuk hari ini, ia sendiri yang mengantarkan koper keluarganya ke gedung Islamic Center. “Allhamdullilah, akhirnya keluarga saya bisa naik haji semua,” terangnya.

Sedangkan Kasi Pelayanan Haji dan Umroh Kemenag Kota Semarang Ahmad Syamsuddin mengatakan jadwal pengumpulan koper memang harus dilakukan hari ini lantaran pemberangkatan calhaj sudah mepet. “Koper-koper wajib dikirim di sini sebelum mereka berangkat ke Mekah,” jelasnya, seraya menambahkan bahwa saat H-1 semua koper milik calhaj dijadwalkan dikirim ke Mekah.

Ia menyebut untuk jumlah koper milik kloter 42 ada sebanyak 355 buah sementara koper milik kloter 43 jumlahnya sama, yakni 355 buah. “Kloter 42 kebetulan berasal dari KBH Roemani. Berat koper yang layak terbang sesuai ketentuan maskapai Garuda adalah 42 kilogram,” katanya.

Barang-barang yang dilarang dibawa calhaj ke Tanah Suci yaitu benda cair yang melebihi kapasitas, senjata tajam dan benda yang gampang meledak di udara. Proses pengecekan kopernya nanti dikerjakan di Embarkasi Donohudan ketika tiap calhaj mau berangkat.

Untuk keluarga calhaj di Semarang nantinya berhak mendapat air zam-zam gratis dari pemerintah. “Besok pagi pukul 08.00 WIB kita bagikan buat keluarganya. Tiap orang dapat lima liter,” ujarnya. (far)