Home > METRO BERITA > METRO JATENG > 41 Pelajar Jateng Dikirim untuk Belajar Budaya ke Bengkulu

41 Pelajar Jateng Dikirim untuk Belajar Budaya ke Bengkulu

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 41 siswa SMA/SMK se Jawa Tengah mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2017 selama tujuh hari di Bengkulu. Program SMN merupakan program pertukaran siswa antarprovinsi yang diinisiasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dilaksanakan oleh jajaran BUMN di bawahnya.

Pelepasan 41 siswa terpilih se-Jawa Tengah di dalam program SMN 2017 di Hotel Allstay, Sabtu (22/7). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Vice President CSR and SMEPP PT Pertamina (Persero) Agus Mashud S Asngari mengatakan, lima BUMN yang bekerjasama untuk menggelar kegiatan ini yakni PT Pertamina, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX, PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW), PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, serta PT Bahana.

Seleksi peserta SMN dilakukan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng untuk menyaring siswa-siswa yang pintar secara akademis dan berasal dari keluarga kurang mampu. Pihaknya ingin memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengeksplorasi daerah lain di nusantara ini.

“Sebanyak 41 peserta ini mewakili masing-masing kabupaten/kota di Jateng. Mereka akan melihat kearifan lokal masyarakat daerah lain sehingga kepekaan sosialnya juga akan tumbuh,” kata Agus, Sabtu (22/7) petang saat pelepasan.

Dari 41 siswa yang mewakili Jateng tersebut, dua siswa di antaranya berkebutuhan khusus, yakni penyandang tunarungu dan tunagrahita yang berasal dari SMA Luar Biasa Surakarta. (ade)