42 Tahun Berkarya, Nasida Ria bakal Rilis Album Awal 2018

METROSEMARANG.COM – Grup musik kasidah legendaris asal Semarang, Nasida Ria rencananya bakal merilis album barunya di awal 2018 nanti untuk meramaikan belantika musik Tanah Air. Peluncuran album baru itu untuk menandai kiprah 42 tahun grup musik bernafaskan musik Islami tersebut di industri musik Indonesia.

Hj Afuwah, seorang vokalis dari generasi kedua Nasida Ria saat ditemui di rumahnya, Kampung Kwasan Lama, Gunungpati Semarang, Jumat (15/12). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Manajer Nasida Ria, Cholid Zein mengatakan album baru Nasida nantinya berisikan 10 lagu yang terdiri dari lima lagu lawas yang sempat ngetop di era 80 dan 90’an serta lima lagu anyar yang diciptakan sejumlah orang.

“Saat ini, kami sedang menyelesaikan proses mixing kemudian melakukan rekaman dan video klip dari para personel Nasida. Karena Desember waktunya sudah mepet, maka akhirnya akan dirilis awal tahun depan,” kata Zein, kepada metrosemarang.com, di basecamp Nasida, Jalan Raya Tugu, Jumat (15/12).

Ia menjelaskan album teranyar Nasida akan mengusung pesan-pesan moral tentang kemajuan teknologi yang terjadi saat ini.

Salah satu lagu dalam album itu berjudul semakin terang semakin transparan. Sementara lagu lawas yang kembali dibawakan di antaranya berjudul Keadilan, Perdamaian serta Damailah Palestina.

Pihaknya sengaja kembali memasukan lagu lawas Nasida karena pesan moral yang ada di dalamnya begitu kuat. “Karena liriknya sangat kuat dan mengandung nilai-nilai kemanusiaan tanpa mengejar bombastis belaka, maka kami hadirkan lagi di album terbaru Nasida,” bebernya.

Untuk nama albumnya masih dibahas bersama personel Nasida Ria lainnya. Karena lagu-lagunya nanti merupakan gabungan dari lagu lama yang pernah booming di era 1980’an dengan lagu baru. Sehingga nantinya diharapkan bisa mengingatkan masyarakat akan kembalinya Nasida Ria di kancah musik Tanah Air.

Para personel yang terlibat dalam album kali ini berasal dari generasi pertama Nasida Ria yang mengawal karir pada 1975 silam, generasi kedua Nasida Ria serta generasi ketiga yang masih remaja.

Cholid menambahkan ini adalah album ke-35 Nasida Ria. Sampai sekarang, ia mengatakan Nasida telah menelurkan tak kurang 400 lagu dengan beragam genre mulai Arab, Pop, Jazz dengan lirik yang sangat futuristik.

Dilain pihak, adanya rencana rilis album baru itu disambut suka cita oleh para personel Nasida Ria. Afuwah, salah satu personel generasi kedua Nasida Ria mengaku sedang mematangkan persiapan untuk rilis albumnya.

“Kami tetap membawakan lagu-lqgu religi dengan kualitas bagus. Insyallah di album kali ini, kami bisa berkarya secara maksimal sekaligus berdakwah bagi umat Muslim dimana pun berada,” kata Afuwah.

Dalam pembuatan album ini, dirinya juga menggandeng KH Buchori Asrori alias Bu Haidar yang selama ini kerap menciptakan lagu nge-hits bagi grup bandnya.

“Pak Buchori Asrori atau Abu Haidar inilah yang paling berjasa buat kami. Karena dari tangan beliau banyak lagu Nasida yang dikenal masyarakat luas. Mulai Perdamaian, Merdeka, Bom Nuklir, Damailah Palestina, Membangun Siapa Bilang dan masih banyak lagi,” bebernya.

“Beliau sekarang sudah sepuh, kondisinya sedang sakit di Jakarta. Namun, beliau tetap membuatkan sebuah lagu buat kami yang akan dimasukan ke album yang akan dirilis tahun depan,” tandasnya. (far)