Home > METRO BERITA > METRO GAYA > 5 Manfaat Jomblo

5 Manfaat Jomblo

ilustrasi
ilustrasi

Jomblo, sekali lagi bukanlah kutukan. Bahkan status jomblo sebenarnya mengandung banyak faedah yang jarang dipahami banyak anak muda. Status ini oleh sebagian anak gaul bahkan disalahartikan sebagai status yang memalukan.

Apa saja hal-hal positif dari jomblo? Berikut di antaranya:

1. Lebih Bebas

Dengan tidak memiliki pasangan, kita lebih bebas menjalin komunikasi dengan siapa pun. Tidak jarang setelah memiliki pasangan, muncul aturan atau larangan ini itu. Saat jomblo, larangan dan aturan tersebut, dapat diabaikan.

Saat jomblo, kita bebas bepergian kemana pun kita suka, tanpa terikat aturan atau kewajiban untuk member perhatian pada seseorang. Kita pun dapat memuaskan hobi semisal berpetualang atau travelling ke berbagai daerah.

2. Sebagai Wahana Berpikir Logis

Berhubungan dengan pasangan seringkali membuat masing-masing anggota pasangan, tidak dapat berpikir logis karena selalu didasari keputusan yang beralasan karena cinta. Padahal tidak jarang keputusan itu kurang logis karena hanya didasari pada emosional semata agar pasangan tidak marah atau tersinggung.

Semisal suatu ketika dihadapkan pilihan untuk diajak dalam satu acara keluarga, kita lebih sering mengabaikan dan lebih memilih berduaan dengan pasangan. Padahal acara keluarga memiliki banyak fungsi, salah satunya silaturahmi dengan anggota keluarga besar lainnya.

3. Lebih Punya Waktu Untuk Bersosialisasi

Hampir sama dengan faedah lebih bebas, lebih punya waktu bersosialisasi lebih pada kesempatan bagi kita untuk menjalin hubungan sosial dengan siapa pun. Kesempatan ini dapat kita gunakan untuk bermain bersama sahabat, teman atau menjalin hubungan pertemanan baru.

Harus diakui, saat berpasangan tidak jarang kita membatasi diri dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama pacar. Alhasil, hubungan sosial dengan rekan sering terabaikan.

4. Kesempatan Untuk Memikirkan/Memanjakan Diri

Karena waktu yang seringkali dihabiskan bersama pasangan, banyak waktu terbuang untuk merawat diri.

Kaum wanita jadi tidak sempat pergi ke salon, spa dan tempat perawatan diri lainnya. Sementara kaum cowok juga tidak sempat untuk berolahraga, pergi ke gym atau sekedar nongkrong di kafe bersama kawan.

5. Kesempatan Untuk Lebih Fokus Pada Masa Depan

Dengan tidak memiliki pasangan adalah kesempatan besar untuk lebih fokus pada masa depan. Meraih cita-cita tentunya merupakan tujuan besar hidup kita yang mungkin sedikit terabaikan saat kita memiliki pasangan, karena lebih banyak menghabiskan waktu berduaan dibanding belajar dan fokus mengejar cita-cita.

(Gus Wahid)

Simak tips cinta lainnya melalui twitter @cintadanromansa.