Beranda METRO BERITA METRO GAYA 5 Negara Ini Punya Tradisi Valentine buat Para Jomblo

5 Negara Ini Punya Tradisi Valentine buat Para Jomblo

BERBAGI

del amor

CINTA adalah sebuah tema yang universal. Banyak cara dilakukan sebagai ungkapan cinta, tak sebatas hanya dengan bunga atau sekotak cokelat. Tapi, tak semua orang bisa menyampaikan perasaan cinta, terutama pada perayaan Valentine’s Day (V-Day), khususnya mereka yang masih jomblo.

Buat yang masih jomblo, tak perlu terlalu khawatir karena kamu tidak sendirian. Seperti dikutip dari Your Tango, lima negara ini punya tradisi khusus buat mereka yang masih sendiri saat perayaan V-Day.

  1. Malaysia

Di Malaysia, pada hari ketujuh bulan ketujuh kalender lunar, seorang wanita akan menulis nomor ponsel mereka pada sebuah jeruk. Selanjutnya, jeruk itu dilemparkan ke dalam sungai terdekat. Harapannya tentu saja ada laki-laki idaman yang menemukan jeruk tersebut.

Namun, jeruk-jeruk itu justru kerap dikumpulkan oleh para pedagang dan dianggap sebagai buah keberuntungan. Tertarik mencoba?

  1. Brasil

Brasil punya tradisi yang dinamakan Dia dos Namorados (hari pecinta) yang jatuh setiap 12 Juni. Pada malam sebelum liburan, wanita biasanya akan menulis nama-nama pria yang diharapkan bisa menjadi pasangan mereka pada potongan kertas. Lalu, pada saat hari perayaan tiba, mereka akan mengambil kertas-kertas bertuliskan nama tersebut secara acak.

Negara-negara Amerika Selatan lainnya juga punya perayaan serupa yang disebut Dia del amor y la Amistad (cinta dan hari persahabatan), dimana orang-orang secara acak memberikan hadiah rahasia (a la Secret Santa).

  1. Skotlandia

Skotlandia juga memiliki permainan menarik untuk perayaan Valentine. Dalam permainan ini, setiap orang yang masih jomblo menulikan namanya pada selembar kertas, lalu dilemparkan ke dalam dua buah topi—satu berisi nama laki-laki dan lainnya dengan nama perempuan. Mereka nantinya akan saling berpasangan pada malam harinya, setelah mengambil kertas dari dalam topi.

  1. Perancis

Perancis juga punya kebiasaan unik yang disebut une loterie d’amour (lotere cinta). Pria dan wanita yang masih jomblo akan berkumpul di sebuah rumah. Mereka akan berteriak satu sama lain untuk menemukan pasangannya.

Seorang pria bisa saja memilih pasangan lainnya, jika mereka merasa tak cocok. Pada malam harinya, para wanita yang merasa dicampakkan akan membuat api unggun untuk membakar foto orang-orang yang telah mencemooh mereka. Saat ini, pemerintah Perancis sudah melarang kegiatan ini karena dianggap bisa menimbulkan kedengkian.

  1. Korea Selatan

Di Korea Selatan, pada hari ke 14 setiap bulan didedikasikan untuk ungkapan cinta. Misalnya, Mei adalah Rose Day, Oktober adalah Wine Day dan Desember adalah Hug Day. Pada tanggal 14 Februari, perempuan memberikan cokelat untuk laki-laki, dan pada Maret 14 (juga disebut “White Day”), laki-laki memberikan permen — selain cokelat — untuk wanita. Mereka yang tidak menerima apa-apa pada dua tanggal tersebut, akan berkumpul pada tanggal 14 April atau biasa juga disebut Blcak Day, dimana mereka akan memakan mi hitam (jajanmyeon). (*)

 

 

activate javascript

BERBAGI