Home > METRO BERITA > METRO GAYA > 5 Tips Jadi Pekerja Rumahan yang Produktif

5 Tips Jadi Pekerja Rumahan yang Produktif

ilustrasi pekerja rumahan (foto: carahidupsehats.blogspot.com)
ilustrasi pekerja rumahan (foto: carahidupsehats.blogspot.com)

Saat ini semakin banyak pekerjaan yang tidak menuntut kita untuk bekerja di kantor. Kita bisa bekerja tanpa meninggalkan rumah, maupun menentukan jam kerja semau kita. Agar tetap produktif selayaknya pekerja kantoran, berikut ini adalah tips bekerja dari rumah ala Alex Ivanovs, kolumnis di The Huffington Post, yang dapat Anda terapkan.

  1. Buat Jadwal Kerja

Sekalipun bekerja di rumah, namun kita tetap harus memiliki jadwal kerja yang teratur. Entah itu pagi hingga sore hari ataupun malam hingga dini hari. Jadwal kerja ini membantu mengontrol kita agar tetap produktif dan bisa membagi waktu dengan pekerjaan lainnya.

  1. Batasi Aktivitas Virtual

Tak ada salahnya jika selama jadwal kerja kita mengintip aktivitas di media sosial. Hanya saja, batasi waktunya. Jangan sampai jam kerja habis hanya untuk berkicau di Twitter maupun browsing.

  1. Belajar Untuk Lebih Efisien

Salah satu keleluasaan bekerja dari rumah adalah kita dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan dalam satu hari, kemudian menggunakan hari lain untuk berlibur. Untuk itu, kita harus pintar-pintar membagi waktu, serta bekerja dengan lebih efisien. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan yang tersulit dulu, baru kemudian pekerjaan yang lebih mudah. Sebab di awal memulai pekerjaan biasanya konsentrasi masih kuat sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang sulit.

  1. Buat Daftar Kerja

Agar pekerjaan lebih tertata, buatlah daftar tugas-tugas yang harus dikerjakan. Jika memungkinkan, buatlah deadline penyelesaian dari tiap tugas tersebut.

  1. Gunakan Aplikasi Pendukung

Saat ini sudah banyak aplikasi di smartphone yang dapat membantu kerja kita, meski tidak semuanya cocok dengan keinginan kita. Namun tak ada salahnya mengunduh aplikasi tersebut dan mencoba seberapa baik aplikasi tersebut membantu meringankan pekerjaan kita.

Itulah 5 tips bekerja produktif dari rumah. Menjadi pekerja rumahan bukan berarti selalu santai, namun juga tak selalu sulit. Yang penting, semua direncanakan dengan matang dan terkontrol. (ren)