Home > METRO BERITA > Ratusan Polisi Ikut Seleksi Calon Intel di Akpol

Ratusan Polisi Ikut Seleksi Calon Intel di Akpol

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 157 anggota kepolisian pada bulan ini mengikuti tahapan seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Intelkam di Gedung Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Proses seleksi calon intel tersebut dihadiri pula oleh para pejabat teras Polda Jateng.

Para panitia seleksi SIP Intelkam meneken pakta integritas di Akpol Gajahmungkur. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Tampak hadir dalam pelaksanaan seleksi calon intel antara lain Karo SDM Polda Jateng, Kombes Pol Rudi Darmoko serta AKBP Muslimin Ahmad, Kabagdalpers SDM Polda Jateng.

Kemudian para tim psikologi juga hadir macam Kombes Pol A.B. Kawedar, Kompol Margini, Kompol Imam Suhandak dan AKBP Ahmad Dartono.

Karo SDM Polda Jateng, Kombes Pol Rudi Darmoko mengatakan pelaksanaan seleksi SIP Intelkam tahun ini jadi sesuatu yang baru karena berbarengan dengan sumpah dan pakta integritas kepada peserta maupun panitia seleksi.

“Sehingga mendasari hal itu, saya berharap para peserta tidak perlu melakukan hal-hal diluar ketentuan, karena apabila didapati maka akan didiskualifikas,” kata Rudi usai meneken pakta integritas di Akpol, Selasa (12/9).

Ia pun memperingatkan kepada panitia seleksi calon intel agar jangan berbuat kecurangan lantaran akan ada sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Saya berharap proses seleksi berjalan dengan bersih, transparan, akuntabel dan humanis serta clear dan clean tanpa ada intervensi. Agar menghasilkan perwira profesional modern dan terpercaya,” ungkapnya lagi.

Meski begitu, lanjutnya dalam seleksi calon intel terdapat dua polisi yang absen.

Keduanya atas nama Aiptu Achtiar Bayu, anggota Polres Purworejo karena isterinya sakit dan Aiptu Haryono, anggota Polres Purworejo dengan alasan serupa. Sehingga total yang hadir ada 155 peserta meliputi 152 pria, tiga wanita.

Dalam kesempatan itu, Rudi juga memimpin pengambilan sumpah panitia penerimaan SIP Intelkam dan peserta seleksi.

Bertempat di gedung Manunggal Akpol, telah dilaksanakan tes psikologi yang dipimpin oleh AKBP Agus Yulianto sebagai Kabagpsi Ro SDM Polda Jateng.

Pelaksanaan uji psikologi calon intel terbagi tiga mencakup uji kecerdasan berjumlah 100 soal, uji kecermatan berjumlah 500 soal, uji kepribadian berjumlah 182 soal. (far)