Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Rumah Tropis Makin Diminati Pengembang

Rumah Tropis Makin Diminati Pengembang

METROSEMARANG.COM – Rumah berkonsep tropis kini semakin banyak dikembangkan para developer. Hal tersebut tidak bisa dihindari lantaran permintaan konsumen saat ini adalah rumah yang minimalis sekaligus sehat.

Properti Expo Semarang digelar di Mal Paragon 13 hingg 24 September 2017. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Seperti yang dipamerkan dalam gelaran Properti Expo Semarang, kebanyakan pengembang kini sudah mulai membangun rumah dengan konsep sehat. “Sekarang sudah hampir semua pengembang yang membangun dengan konsep seperti ini,” kata Panitia Properti Expo Semarang, Dibya K Hidayat, Rabu (13/9).

Dijelaskan, konsep rumah tropis merupakam rumah yang bisa menghalau panas. Selain itu, penempatan jendela yang tepat bisa mendistribusikan sinar matahari ke seluruh ruangan sehingga lebih hemat listrik lantaran meminimalisir penggunaan lampu.

Namun Dibya menyebutkan pembangunan rumah dengan konsep seperti ini membutuhkan biaya lebih besar dibanding biasanya lantaran menggunakan bahan yang diimpor. “Bahan bangunan yang digunakan berbeda, pelapis kaca penghalau panas harganya lumayan mahal,” katanya.

Namun demikian, penjualan rumah saat ini dikatakannya semakin baik, mengaca pada dua pameran terakhir yang diselenggarakan dan hampir mencapai target.

Dia berharap, pemerintah melakukan intervensi kepada bank-bank, terutama BUMN untuk menekan suku bunga KPR agar lebih bisa diserap masyarakat. Dikatakannya, saat ini ada bank yang menyedediakan bunga KPR terbilang rendah, yaitu 9,99 persen yang fixed selama tiga tahun. (ade)

Tinggalkan Balasan