Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Suhu Kawah Sileri Dieng Naik, Warga Dua Desa Terpaksa Mengungsi

Suhu Kawah Sileri Dieng Naik, Warga Dua Desa Terpaksa Mengungsi

METROSEMARANG.COM – Sejumlah warga Desa Kepakisan dan Dusun Sekalam, Kecamatan Batur, Banjarnegara, diungsikan terlebih dahulu lantaran Kawah Sileri yang berjarak 1 kilometer dari desa tersebut mengalami peningkatan.

Kondisi Kawah Sileri di Pegunungan Dieng. Foto: twitter @Sutopo_BNPB

“Sehubungan dengan adanya peningkatan aktifitas vulkanik di Kawah Sileri, maka masyarakat dan wisatawan tidak mendekati Kawah Sileri dalam jarak 1.000 meter dari bibir kawah,” kata Sarwa Pramana, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Senin pagi (18/9).

Menurutnya untuk saat ini temperatur suhu di kawah Sileri mengalami kenaikan menjadi kisaran 93,3 derajat hingga 93,6 derajat celcius.

Dari pengamatan visual di Pos Dieng, pihaknya memantau asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 10-750 m di atas kawah puncak.

Sedangkan, visual Kawah Timbang terpantau asap putih tipis-tebal tekanan lemah tinggi 10-20 meter. Angin bertiup lemah-sedang ke arah barat dan selatan dan tidak tampak adanya aliran gas beracun dari Kawah Timbang.

Maka dari itu, ia mengimbau kepada warga setempat agar menghentikan aktivitasnya di Kawah Timbang. Pasalnya, kondisi tersebut sangat berbahaya karena adanya ancaman gas CO2 dan H2S.

Tak hanya itu saja, lanjutnya. Pihaknya juga telah menaikan status Kawah Sileri berada di level II atau waspada.

Meski terjadi kenaikan suhu pada Kawah Sileri, ia tetap meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Yang penting, Sarwa mengatakan bahwa masyarakat tidak melakukan penambangan pasir lebih dari satu meter.

“Tapi masyarakat harus tetap tenang sembari menunggu arahan lanjutan dari BPBD Jateng terkait status Pegunungan Dieng,” ujarnya. (far)