Home > METRO BERITA > Terkendala Pemasangan Tiang Pancang, Progres Jembatan Tlogosari Minus 5%

Terkendala Pemasangan Tiang Pancang, Progres Jembatan Tlogosari Minus 5%

METROSEMARANG.COM – Kontraktor pembangunan Jembatan Tologosari di Kota Semarang mengeluhkan terkendala padatnya jalur lalu lintas kendaraan di kawasan tersebut. Akibatnya progres pembangunan sampai saat ini mengalami keterlambatan atau minus 5% dari target.

Pembangunan Jembatan Tlogosari. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Project Manajer PT Ikhtiar Mulya Kontruksi (IMK), Wahid Suyanto selaku pelaksana proyek pembangunan Jembatan Tlogosari menjelaskan, padatnya jalur lalu lintas di kawasan tersebut menjadi kendala yang dialaminya di lapangan.

‘’Apalagi pemasangan tiang pancang untuk jembatan justru membuat pondasi jalan ikut longsor, sehingga pemancangan harus dikerjakan dengan hati-hati dan sampai sedalam antara 6 hingga 12 meter,’’ katanya, Selasa (19/9).

Karena semua kendala tersebut diakui progres pelaksanaan pekerjaan pembangunan jembatan mengalami defiasi. Progres pengerjaan pembangunan jembatan minus 5% dari seharusnya sampai saat ini sudah mencapai 65% sesuai dengan target.

‘’Namun kami optimistis bisa mengejar keterlambatan sebanyak 5% dan jembatan akan selesai sebelum akhir bulan November 2017,’’ kata Wahid Suyanto.

Upaya yang akan dilakukannya untuk mengejar keterlambatan, adalah dengan mengerjakannya secara lembur hingga malam hari.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang Iswar Aminnudin mengatakan, keterlambatan 5% pembangunan jembatan masih bisa ditolerir. Tapi pihaknya akan terus mengawal perkembangannya agar pekerjaan tetap dapat selesai tepat waktu sesuai dengan target.

‘’Konstruksi Jembatan Tlogosari tidak memungkinkan untuk dipertahankan karena cuma menggunakan pondasi pemasangan batu. Karena itu ganti dengan tiang pancang lebih dalam,’’ katanya. (duh)