Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Musthofa: Kudus Half Marathon jadi Inspirasi Membangun Masyarakat Sehat

Musthofa: Kudus Half Marathon jadi Inspirasi Membangun Masyarakat Sehat

METROSEMARANG.COM – Kaskus Kudus Half Marathon (KKHM) digelar pada Minggu (24/9) pagi. Lomba marathon ini juga merupakan salah satu rangkaian Hari Ulang Tahun Kabupaten Kudus yang ke-468.

Ribuan peserta mengikuti Kaskus Kudus Half Marathon (KKHM), Minggu (24/9). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Dimulai dari Alun-alun Simpang 7 Kabupaten Kudus, lomba ini dibagi menjadi empat rute dan kategori. Kategori pertama yakni kategori Half Marathon dengan jarak 21 kilometer, Lalu Kategori 10K dengan jarak 10 kilometer, kategori 5K dengan jarak 5 kilometer, dan terakhir Kids Fun Run dengan jarak 1 kilometer.

Bupati Kabupaten Kudus, Musthofa menyambut baik penyelenggaraan lomba marathon ini. Menurutnya, KKHM bisa menjadi inspirasi untuk membangun masyarakat sehat di masa kini.

“Dari anak-anak TK, anak SD, anak SMP, anak SMA/SMK, bahkan masyarakat umum mereka semua sangat menyambut baik,” ujar Musthofa usai mengikuti lari di rute 5K.

Ia juga mengatakan, dengan diselenggarakan acara ini juga dapat meningkatkan potensi wisata di wilayahya. Pasalnya peserta yang mengikuti KKHM ini sekitar 50 persen datang dari luar Kabupaten Kudus.

“Sehingga kalau ada wisata kuliner, ada wisata religi, di Kudus mudah-mudahan half marathon ini juga akan menjadi spot wisata,” imbuh Musthofa.

Meskipun baru pertama kalinya digelar KKHM ini dirasa sukses. Pasalnya peserta yang mengikuti perlombaan ini mencapai 3.100 orang.

“Mudah-mudahan tidak hanya tahun ini, setiap tahun event ini akan bisa dilaksanakan di Kudus bahkan kalau perlu event-event yang lain Kudus ini sangat menyambut dengan baik,” pungkas Musthofa. (fen)