Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Nelayan Kendal Adu Cepat Balap Perahu di Kalibuntu

Nelayan Kendal Adu Cepat Balap Perahu di Kalibuntu

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 16 kelompok nelayan beradu cepat dalam lomba balap perahu di Sungai Kalibuntu Kota Kendal, Senin (2/10) pagi. Lomba dalam rangkaian nyadran tersebut sekaligus untuk mencari atlet dayung yang akan mewakili Kendal di ajang Porprov Jawa Tengah.

Lomba perahu di Kalibuntu, Kendal, Senin (2/10). Foto: metrojateng.com

Perahu yang digunakan dalam perlombaan ini adalah perahu yang biasanya digunakan nelayan untuk mencari ikan. Satu perahu diisi lima orang, di mana empat orang mendayung sedangkan satu orang berperan sebagai pengatur arah. Peserta harus beradu cepat satu lawan satu sepanjang 150 meter melawan arus sungai.

Butuh kekompakan saat mendayung agar laju perahu stabil dan berjalan cepat. Peran pengatur arah juga sangat penting agar laju perahu lurus.

Bagi nelayan, mendayung perahu memang jarang dilakukan karena kebanyakan sudah menggunakan mesin. “Butuh latihan keras minimal sepekan dua kali agar kompak dan menjadi juara,” ujar  Darsono, salah satu peserta lomba.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kendal, Zaenal Arifin mengatakan lomba ini digelar untuk membangkitkan kembali olah raga dayung yang sudah mati suri. “Dengan lomba ini atlet dayung berprestasi akan ditarik mewakili kendal untuk ikut dalam Porprov Jawa Tengah,” jelas Zaenal Arifin.

Panitia lomba memberikan hadiah uang pembinaan untuk juara satu sebesar Rp 1,5 juta, juara dua Rp 1 juta dan juara  tiga Rp 500 ribu.

“Dalam lomba ini kelompok nelayan Nogososro dari Kelurahan Bandengan Kendal menjadi juara pertama. Juara kedua diraih kelompok nelayan Doa Ibu dari Karangsari dan juara ketiga kelompok nelayan Sabuk Intan dari Bandengan,” pungkas Zaenal. (metrojateng.com/MJ-01)