Home > METRO BERITA > BNN Jateng Gelar Tes Urine di Lapas Wanita Semarang, Ini Hasilnya

BNN Jateng Gelar Tes Urine di Lapas Wanita Semarang, Ini Hasilnya

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 393 penghuni Lapas Wanita Kelas II A Semarang atau Lapas Bulu menjalani tes urine, Selasa (3/10) malam. Hal tersebut merupakan upaya petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng untuk menghindari peredaran dan penyalahgunaan narkotika di dalam lapas.

Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Jateng, Suprinarto bersama Kalapas Wanita Klas II Semarang Astriati. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Jateng, Suprinarto mengatakan dalam operasi tersebut tidak ditemukan satu pun warga binaan yang positif menggunakan narkoba. “Pertama kita lakukan tes pupil mata kepada semua warga binaan, kemudian mana yang perlu diperdalam kita lakukan tes urine. Untuk sementara ini mereka clear dan clean,” ujar Suprinarto.

Operasi Bersinar ini, lanjut Suprinarto juga akan dilaksanakan di lapas-lapas lain. Namun, ia mengatakan pihaknya akan melakukannya setelah ada evaluasi dari hasil operasi di Lapas Wanita Kelas II A Semarang.

“Ya setelah ada evaluasi, jadi mana-mana lapas yang perlu kita datangi. Kalau kemarin di Lapas Sragen sudah dilakukan oleh Polda Jateng ya kita tidak perlu melakukan operasi di sana, kita cari yang lain,” beber Suprinarto.

Selain itu, sebelumnya petugas BNNP Jateng juga telah melakukan operasi di beberapa tempat indekos dan tempat hiburan. Rencananya operasi ini akan terus dilaksanakan guna mencegah maraknya peredaran dan penyalah gunaan narkoba.

Sementara itu, Kalapas Wanita Kelas II A Semarang, Astriati mengatakan pihaknya sangat mendukung pelaksanaan operasi oleh BNNP dalam mewujudkan penghuni lapas terbebas dari narkoba.

“Kami sangat mendukung langkah BNNP Jateng, hal ini sesuai dengan program yang yang dicanangkan oleh pusat untuk membuat lapas di Indonesia bebas narkoba. Alhamdulillah di sini tidak ditemukan warga binaan yang menggunakan narkoba,” tukasnya. (fen)