Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > 58 PKM Unnes bakal Bersaing dalam Pimnas 2014

58 PKM Unnes bakal Bersaing dalam Pimnas 2014

image

SEMARANG – Universitas Negeri Semarang meloloskan 58 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk diikutkan dalam kompetisi Pekan Ilmiah Nasional 2014 yang akan digelar di Universitas Diponegoro (Undip). PKM tersebut didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tahun anggaran 2014.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes, Prof Masrukhi MPd, mengatakan, jumlah yang dicapai mahasiswa Unnes itu terbanyak ketiga secara nasional. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang menghasilkan 83 PKM. Institut Teknologi Sepuluh November  (ITS) Surabaya menghasilkan 60 PKM. Adapun peringkat keempat diraih Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dengan 46 PKM, dan peringkat lima diraih Universitas Airlangga Surabaya dengan 43 PKM.

“PKM yang didanai terdiri atas 15 PKM bidang Artikel Ilmiah dan 43 PKM Gagasan Tulis. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah penghasil terbanyak,” ujarnya, Rabu (23/7).

Dia menambahkan, Unnes mengusulkan PKM Artikel Ilmiah sejumlah 103 sedangkan PKM Gagasan Tulis sebanyak 1.052, total usulan yang dikirim 1.155 judul,” katanya.

Pimnas tahun ini akan digelar di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, 25-28 Agustus mendatang. Undip menjadi tuan rumah, lantaran prestasinya pada ajang serupa di Mataram, NTB, tahun lalu. Tahun lalu, Undip mampu meraih urutan keenam dari 92 perguruan tinggi di Indonesia. (MS-06)