Home > METRO BERITA > METRO JATENG > 6.000 Pemudik asal Jateng Balik Jakarta Naik Kapal Gratis

6.000 Pemudik asal Jateng Balik Jakarta Naik Kapal Gratis

image
Kapal Ceremai akan mengangkut ribuan pemudik asal Jawa Tengah untuk kembali ke Jakarta secara gratis. Foto Metro

SEMARANG – Lebih dari enam ribu pemudik Jawa Tengah menikmati fasilitas kapal gratis dari Kementerian Perhubungan. Mereka mudik dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas secara gratis.

Pada Sabtu (2/8) sore, pemudik dari berbagai kota di Jawa Tengah pun kembali ke Jakarta secara gratis pula. Ada dua kapal yang berangkat. Kapal Ciremai berangkat lebih dahulu sekitar pukul 16.00 mengangkut 1.147 sepeda motor dan 2.371 orang. Satu jam kemudian disusul KM Niki Sae yang mengangkut 303 sepeda motor dan 704 orang.

Mudik gratis kapal laut tersebut dilaksanakan tiga hari hingga Senin (4/8). Pada Minggu (3/8) akan berangkat KRI Makassar yang mengangkut 1.668 penumpang dan 648 sepeda motor. Sedangkan Senin diberangkatkan kembali KM Ciremai.

“Jumlah pasti untuk keberangkatan Senin belum diketahui, kami masih membuka pendaftaran hingga besok (Minggu, hari ini),” kata Kepala KSOP Tanjung Emas Karolus Sengaji.

Menurut Karolus, sebagian yang berangkat kemarin adalah mereka yang juga menikmati fasilitas mudik gratis kapal laut. Kemenhub juga memberangkatkan empat kapal yakni KM Ciremai I, KM Ciremai II, KM Niki Sae, dan KM Massar pada 25 Juli hingga 27 Juli. Total pemudik yang naik kapal gratis yakni 6.081 orang dan 2.227 sepeda motor.

“Mulanya cuma tiga kapal, tapi animo masyarakat sangat tinggi. Ada waiting list hingga 600 orang sehingga ditambah lagi satu kapal,” katanya.

Wakil Menteri Bambang Susantono mengatakan, setiap tahun lebih dari dua juta pemudik menggunakan sepeda motor untuk pulang kampung. Selain menyebabkan kemacetan, pemudik bersepeda motor juga rawan kecelakaan. Maka pihaknya setiap tahun memfasilitasi mudik gratis dengan kereta dan kapal laut. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran pemudik agar menggunakan moda transportasi yang aman dan nyaman. (MS-08)