Pasar Johar Baru Batal Ditempati Bulan Ini

METROSEMARANG.COM – Para pedagang Pasar Johar yang saat ini menempati relokasi di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) tidak jadi dipindah pada akhir Februari ini. Mereka rencana baru akan dipindah setelah pembangunan 4 lantai Pasar Johar Baru di eks Kanjengan selesai semuanya.

Proyek pembangunan Pasar Johar Baru. Foto: metrosemarang.com/efendi

“Rencana semula akan dimasukkan akhir Februari, tapi saya pending. Ternyata Kementerian Perdagangan berkeinginan untuk memercepat penyelesaian di 2018. Yakni lantai 3 dan 4 akan diselesaikan 2018. Jadi total semuanya, lantai 1, 2, 3, 4, akan selesai awal 2019,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, Jumat (9/2).

Disebutkan sebenarnya pembangunan Pasar Johar Baru tahap I di lahan eks Pasar Kanjengan telah 100 persen, tapi pedagang tidak jadi dipindah sekarang. Pedagang akan dipindah secara keselurahan pada awal 2019, atau menunggu seluruh bangunan Kanjengan selesai 100 persen.

“Di Lantai 1 ada 58 kios, lantai 2 sebanyak 62 kios. Sedangkan losnya ada 240 berada di lantai 1 dan 2. Tadinya memang kami rencanakan akhir Februari. Ini juga sebagai pertimbangan daripada menimbulkan masalah keselamatan kerja pedagang. Karena penyelesaian pembangunan fisik lantai 3 dan 4 akan dilakukan,” katanya.

Kekurangan biaya untuk penyelesaian hingga lantai 4 kurang lebih membutuhkan Rp38 miliar. Semuanya akan dibiayai dari Kementerian Perdagangan. (duh)