Home > METRO BERITA > METRO GAYA > 7 Cara Sederhana Redakan Stres

7 Cara Sederhana Redakan Stres

ilustrasi
ilustrasi

 

Menjaga kesehatan fisik merupakan hal yang penting bagi kita. Namun menjaga mental tetap sehat juga tak kalah penting. Mental yang tidak sehat, biasanya karena stres, dapat memicu terjadinya berbagai gangguan kesehatan, seperti vertigo, migrain, psoriasis, jerawat, dan lain-lain.

Untuk menjaga mental tetap sehat, Anda bisa ikuti 7 tips di bawah ini.

1. Mengunjungi teman

Menjaga interaksi dengan teman dekat merupakan salah satu cara untuk membuat Anda tetap bersemangat dan rileks. Luangkanlah waktu untuk hangout, misal memasak bersama, shopping, atau nonton bioskop. Cara ini bisa membuat Anda tertawa, rileks dan melihat masalah dari sudut pandang berbeda.

2. Berjalan kaki

Jalan kaki terbukti tidak hanya baik bagi jantung dan tubuh, namun juga kesehatan jiwa Anda. Jika Anda terbiasa berjalan kaki, Anda akan lebih mudah merasa damai dan bahagia. Jalan kaki dengan rute yang panjang juga cara yang tepat untuk membersihkan pikiran dan fokus pada diri Anda.

3. Menikmati alam

Karena alam adalah obat sempurna saat Anda mengalami stres, maka pergilah ke taman sekitar rumah atau berwisata alam ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Hanya dengan melihat pepohonan hijau yang rindang saja sudah dapat meringankan beban pikiran Anda. Anda hanya perlu membuka mata dan melihat keindahan di sekitar Anda.

4. Pijat

Berbagai penelitian di bidang medis menunjukkan bahwa pijat bermanfaat untuk menjaga kondisi mental dalam berbagai situasi. Pijat juga dapat menekan stres dan mengurangi kecemasan, di samping membuat kita rileks.

5. Membaca

Membaca buku yang bernuansa positif dan ringan juga dapat me-refresh kesehatan pikiran Anda. Karena saat Anda membaca, Anda keluar sejenak dari realita, ketakutan dan pikiran obsesif.

6. Belanja

Para wanita pasti setuju bahwa shopping adalah kegiatan yang dapat mengurangi stres. Ditambah, aktivitas ini juga dapat memperbaiki mood. Rasa bahagia dapat meningkatkan produksi endorfin di otak, yang kemudian berpengaruh pada peningkatan kemampuan otak untuk lebih fokus dalam beraktivitas.

7. Tidur berkualitas

Beberala orang memilih tidur untuk meredakan stres. Hal ini ada benarnya. Sebab tidur mengembalikan energi tubuh yang hilang akibat aktivitas seharian. Caranya, beristirahatlah dalam keadaan tenang. Matikan handphone, alarm dan berbagai gangguan lainnya. Tak perlu tidur berjam-jam, sebab yang Anda butuhkan adalah tidur yang berkualitas, bukan kuantitas tinggi dalam tidur. Terlalu banyak tidur justru dapat membuat tubuh lemas dan siklus tidur kacau. Tidurlah minimal 5 jam di malam hari dan satu hingga dua jam di siang hari untuk melepaskan penat Anda. (ren)