Home > MUDIK 2014 > 8 Posko Kesehatan di Pantura Kendal Mulai Layani Pemudik

8 Posko Kesehatan di Pantura Kendal Mulai Layani Pemudik

Pemudik bersepeda motor memeriksakan kondisi kesehatan setelah  menempuh perjalanan jauh. Foto Metro
Pemudik bersepeda motor memeriksakan kondisi kesehatan setelah menempuh perjalanan jauh. Foto Metro

KENDAL – Arus mudik di Pantura Kendal, Rabu (23/7/2014) siang mulai menunjukan peningkatan. Beberapa kelompok kecil pemudik bersepeda motor  sudah terlihat memadati ruas jalan di Bumi Bahurekso. Para pemudik ini juga mulai memanfaatkan posko-posko kesehatan yang sudah disediakan. Setidaknya ada delapan posko kesehatan sepanjang Pantura yakni di Weleri, Truko, Cepiring, Kota Kendal dan Kaliwungu.

Seperti di posko kesehatan di Jalan Raya Truko Kecamatan Kangkung,  pemudik memilih berhenti sejenak untuk memeriksakan kondisi tubuhnya setelah menempuh perjalanan jauh dari Jakarta. Posko kesehatan seperti ini sangat dibutuhkan pemudik terutama pengendara sepeda motor yang membutuhkan kebugaran sebelum melanjutkan perjalanan.

Budiyono misalnya, pemudik asal Grobogan ini memilih berhenti sejenak dan memeriksakan kondisi tubuhnya. Budiyono dan temannya ini sudah menempuh perjalanan hampir 16  jam. Menurutnya selama perjalanan  titik kemacetan berada di perbatasan masuk Jawa Tengah dan jalur alternatif pengalihan Jembatan Comal. “Perjalanan cukup lancar kemacetan hanya di sekitar Cirebon dan masuk Pemalang karena ada pengalihan akibat amblesnya Jembatan Comal,” katanya.

Posko kesehatan yang didirikan Rumah Ssakit Islam Weleri di jalan pantura Truko Kendal selain pemeriksaan kesehatan juga disediakan tempat istirahat dan makanan ringan. Direktur RSI Kendal Drg Edi Sumarwanto mengatakan posko ini akan melayani pemudik dengan fasilitas pemeriksaan kesehatan, tempat istirahat dan rawat inap.

“Posko mudik ini sudah menjadi agenda tetap RSI untuk memberikan pelayanan kepada pemudik yang melintas Kendal. Disini ada layanan pemeriksaan kesehatan, tempat istirahat dan kami menyediakan makanan ringan,” jelasnya.

Selain posko kesehatan yang didirikan RSI Weleri Kendal sejumlah puskesmas di sepanjang Pantura dibuka 24 jam untuk melayani pemudik. Di posko pengamanan operasi ketupat candi 2014 juga disiagakan petugas untuk melayani pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan. (MS-05)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link