Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > 810 Pendaftar Seleksi Mandiri Unnes Absen Ujian Tulis

810 Pendaftar Seleksi Mandiri Unnes Absen Ujian Tulis

image

SEMARANG – Sebanyak 810 pendaftar seleksi mandiri di Universitas Negeri Semarang (Unnes) absen ujian tertulis yang berlangsung pada Selasa (5/8/2014). Ratusan pendaftar yang tidak hadir tersebut kebanyakan sudah diterima di perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Ketua Umum Seleksi Mandiri Unnes, Muhamad Khafid mengatakan, jumlah yang absen tahun ini mencapai 8,9 persen dari total 9.086 pendaftar seleksi mandiri. “Pendaftar tahun ini yang paling banyak dibanding dua tahun sebelumnya,” katanya.

Pada tahun 2012, pendaftar seleksi mandiri Unnes yang disebut Seleksi Peneriman Mahasiswa Unnes (SPMU) mencapai 9 ribuan. Tahun kemarin, jumlahnya turun menjadi 7.900 orang.

“Unnes paling banyak diminati di antara 10 perguruan tinggi eks IKIP di Indonesia,” tutur Khafid.

Dia menambahkan, peminat tertinggi dalam SMPU kali ini ada pada program studi manajemen, dengan 1.040 pendaftar. Disusul dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan 895 pendaftar, kemudian akuntansi sebanyak 792 pendaftar.

Sementara, dari 1.865 pendaftar seleksi mandiri IAIN, 445 di antaranya tidak hadir dalam tes tulis. Angka tersebut mencapai 23 persen dari total pendaftar. (MS-06)