Home > METRO BERITA > Ada Kamera Milik Udin di Museum Mart Ranggawarsita

Ada Kamera Milik Udin di Museum Mart Ranggawarsita

image
Barang peninggalan wartawan Udin yang ikut dipamerkan dalam gelaran Museum Mart Ranggawarsita (foto: Metro Semarang/Ilyas Aditya)

SEMARANG – Meski sudah lama meninggal sejak tahun 1996 silam, wartawan Harian Bernas asal Bantul Yogyakarta, Fuad Muhammad Syafruddin, atau akrab disapa Udin, masih tetap dikenang hingga kini. Buktinya, warisan benda pers milik wartawan yang pergi di usia 32 tahun itu dipajang dalam gelaran event Museum Mart di Museum Jawa Tengah Ranggawarsita, Semarang, Rabu (29/10).

Udin adalah wartawan yang cukup vokal mengkritisi pemerintahan Orde Baru, namun sayang, ia harus tewas setelah dianiaya orang tidak dikenal di dekat rumah kontrakannya, di Jalan Parangtritis pada 16 Agustus 1996 silam, setelah sebelumnya sempat mengalami koma cukup lama.

Staf Monumen Pers Nasional, Tri Rustriana, mengatakan, dibawanya  benda peninggalan Udin dalam event kali ini yakni untuk lebih mengenalkan Udin, salah satu pejuang pers Indonesia kepada masyarakat luas. “Kita saat ini membawa kamera milik Udin karena dia salah satu pejuang pers di Indonesia pada masa Orde Baru,” tuturnya kemarin.

Di sisi lain, Kepala Seksi Konservasi dan Freservasi Monumen Pers Nasional, Sudaryanto, mengatakan ,selain benda peninggalan milik wartawan Udin, ada juga benda-benda pers lainnya yang ikut dipamerkan, seperti mesin ketik milik Bakrie Soeriaatmadja yang dibuat tahun 1920-1927 silam.

“Jadi, kedua benda pers itu kami harapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pameran,” ucapnya.

Secara umum, lanjut dia, Monumen Pers sendiri memiliki total 27 koleksi yang terdiri dari radio kambing, mikro film, telepon kuno kereta api, hingga peralatan terjun payung yang dipakai wartawan di zaman kemerdekaan. Rata-rata koleksinya setelah keluaran tahun 1945 silam. “Dengan adanya gelaran pameran ini, semoga Monumen Pers lebih dikenal oleh masyarakat luas khususnya masyarakat kota Semarang,” tandasnya. (Yas)