Ada Pembukaan Pasar Imlek Semawis, Dishub Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

METROSEMARANG.COM – Dinas Perhubungan Kota Semarang bersama Satlantas Polrestabes Semarang akan melakukan simulasi pengalihan arus lalu lintas guna menghindari kemacetan saat digelar acara Pasar Imlek Semawis.

Rekayasa Lalu Lintas Pasar Imlek Semawis 2018

Dari Jalan Beteng arus lalu lintas akan dialihkan ke Wotgandul Barat mulai pukul 15.00 – 24.00 WIB. Selain itu disediakan pula jalur alternatif melalui jalan inspeksi dari Jalan Wotgandul Barat ke Sebandaran hingga Jalan Pekojan atau jalan gang warung.

‘’Kami sudah menyediakan lahan parkir bagi pengunjung yang akan datang dalam Pasar Imlek Semawis ini,’’ ujar Kabag Humas Pemkot Semarang, Achyani.

Untuk agenda tahunan khas Kota Semarang Pasar Imlek Semawis sendiri diinisiasi oleh Komunitas Pecinan dalam rangka menyambut Imlek Cia Gwee 2569. ‘’Acara ini akan dilaksanakan selama 3 hari mulai 12-14 Februari 2018 di Kawasan Pecinan Semarang,’’ kata Achyani.

Dalam acara tersebut akan disajikan jamuan Tok Panjang. Filosofi utama Imlek adalah perayaan rasa syukur telah melewati musim dingin yang panjang dan sengsara dan menyambut datangnya musim semi (chun chiu) dengan makan malam bersama keluarga besar di sebuah meja yang sangat panjang. Reunion Dinner bersama keluarga di malam tahunbaru inilah inti dari perayaan Imlek.

Hidangan yang disajikan bisa bervariasi, tapi biasanya harus ada ikan. Dalam bahasa Mandarin ikan disebut ‘yu’, yang juga punya arti ‘berlimpah’. Makanya ada pepatah ‘nian nian you yu’, tiap tahun ada keberlimpahan.

Dalam hidangan Tok Panjang kali ini akan ada hidangan istimewa sebagai pembuka, yaitu salad ikan atau disebut juga dengan Yu Sheng. Yang spesial lagi di Imlek kali ini adalah nasi goreng Jamblang. Dalam Tok Panjang kali ini akan disajikan nasi goreng yang dibungkus daun jati.

Guna meramaikan Pasar Imlek Semawis ini disediakan juga produk unggulan khas Pecinan yang sudah tersohor seperti lunpia, manisan, obat tradisional dan lainnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.