Home > METRO BERITA > AIMI Jateng Minta Ibu Tak Terpengaruh Iklan Susu Formula

AIMI Jateng Minta Ibu Tak Terpengaruh Iklan Susu Formula

METROSEMARANG.COM – Memperingati Hari Ibu 2017 sekaligus hari jadinya yang ketujuh, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Jateng menggelar sebuah diskusi bertajuk ‘Fenomena Ibu Gagal Menyusui: Menyoroti Fasilitas dan Tenaga Kesehatan yang belum Pro ASI’ di Aula Magister Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Dalam acara yang menghadirkan beberapa komunitas tersebut, Ketua AIMI Jateng, Rachmadhani menyoroti banyaknya iklan susu formula yang diklaim bisa menjadi pengganti ASI. Dikatakannya, promosi yang dilakukan sudah terlalu masif sehingga mampu mencuci otak masyarakat.

Selain beriklan secara tak etis, produsen formula juga mempengaruhi fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, asosiasi profesi kesehatan bahkan melobi pembutan kebijakan untuk kepentingan bisnis mereka.

“Di sisi lain, fasilitas kesehatan (faskes) dan tenaga kesehatan (nakes) merupakan garda pertama sukses menyusui. Ketika faskes dan nakes tidak mendukung pemberian ASI, banyak ibu yang akan gagal menyusui sekalipun berniat menyusui,” paparnya, Selasa (19/12).

Dia mengimbau agar masyarakat tetap teguh pada pendirian, yaitu memberikan ASI kepada bayinya karena hal itu merupakan hak bagi ibu atau anak. (ade)