Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Akhir Pekan Ini, BEM Keguruan se-Jawa Bali Berkumpul di IAIN Walisongo

Akhir Pekan Ini, BEM Keguruan se-Jawa Bali Berkumpul di IAIN Walisongo

Rakerwil III IMAKIPSI
Rakerwil III IMAKIPSI

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (BEM FITK) IAIN Walisongo Semarang mendapat kesempatan istimewa menjadi tuan rumah Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) III Ikatan Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Seluruh Indonesia (IMAKIPSI) Wilayah Jawa, Bali, NTB dan NTT. Rencananya Rakerwil ini nanti akan dilaksanakan selama tiga hari mulai Jum’at (19/9) sampai Minggu (21/9) bertempat di Auditorium 1 IAIN Walisongo Semarang.

Tema utama agenda Rakerwil ini adalah “Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Melalui Pendidikan Kebhinekaan”. Diangkatnya tema ini melihat bahwa kerap terjadinya konflik keberagaman di Indonesia yang seharusnya itu tidak terjadi. Baik konflik keberagaman adat, budaya, maupun agama.

Abdullah Auhad selaku ketua Panitia menjelaskan, “Pendidikan diharapkan menjadi jalan tengah dalam upaya mewujudkan keharmonisan kehidupan berbangsa dan bertanah air di Indonesia. Serta mampu mendewasakan peserta didik dengan melihat lingkungan yang ada di sekitar. “Pendidikan ke-Bhineka-an inilah sebuah jawaban atas banyaknya konflik yang terjadi”, tegas Oftiana Irayanti Wardani selaku Presiden BEM FITK.

Sebagai pembuka Rakerwil akan dilaksanakan Seminar Nasional pada Jum’at (19/9) dengan menghadirkan narasumber Rumadi Ahmad (Peneliti The Wahid Institut), A. Saifudin Mutaqi (Jemaat Ahmadiyah Indonesia) dan Doni Danardono (Dosen UNIKA). Selain Seminar Nasional, Rakerwil nanti juga diisi dengan beberapa agenda pendukung seperti lainnya Dialog Publik dan Focus Group Discussion (FGD). (mam)

sumber: Edukasi