Home > METRO BERITA > Akhirnya Nyonya Meneer Lunasi Tunggakan Gaji Buruhnya

Akhirnya Nyonya Meneer Lunasi Tunggakan Gaji Buruhnya

METROSEMARANG.COM – Berbagai aksi unjuk rasa untuk memprotes tindakan PT Nyonya Meneer yang tak membayar upah buruhnya, akhirnya membuahkan hasil. Perusahaan jamu tertua di Indonesia itu telah meluanasi tunggakan upah secara bertahap.

Aksi buruh Nyonya Meneer menuntut pembayaran upah, Rabu (15/6). Manajemen akhirnya memenuhi tuntutan buruh dan membayar tunggakan upah secara bertahap. Foto: metrosemarang.com/dok
Aksi buruh Nyonya Meneer menuntut pembayaran upah, Rabu (15/6). Manajemen akhirnya memenuhi tuntutan buruh dan membayar tunggakan upah secara bertahap. Foto: metrosemarang.com/dok

Regina Tantra, juru bicara Nyonya Meneer, mengatakan dari 1.200 buruh, ada sebanyak 300 orang di antaranya yang telah menerima pelunasan gaji.

Ia mengklaim akan terus melunasi gaji mereka secara bertahap agar proses produksi kembali berjalan normal.

“Karena jumlahnya 1.200 orang, maka dibayar bertahap dulu dan difasilitasi Disnaker Jateng. Ya sekitar 300 orang sudah menerima haknya,” terangnya, Minggu (24/7).

Regina menyatakan, pelunasan gaji mulai dilakukan selepas perayaan Idul Fitri kemarin. Ini, kata dia sesuai janji perusahaannya yang tak ingin masalah berlarut-larut.

Jadwal pelunasan upah ribuan buruh itu, menurutnya sudah sesuai kesepakatan serikat pekerja, manajemen perusahaan serta pihak Disnaker Jateng. Kesepakatannya, besaran upah Juni khusus pekerja harian dibayar 100 persen sedangkan gaji bulanan pekerja dan staf dibayar separuhnya.

“Untuk THR pekerja harian sudah diberi 50 persen,” sambungnya.

Ia pun berharap dengan kesepakatan itu, masalah perusahaannya segera tuntas. Pekerja diminta segera bekerja kembali.

Haryani, buruh Nyonya Meneer berusia 48 tahun mengaku lega dengan pelunasan upahnya yang sempat nunggak lima bulan.

“Gaji ini sangat bermanfaat bagi saya ditengah kebutuhan yang semakin bertambah. Saya minta, gaji karyawan lain segera dibayar biar mereka bisa kerja lagi,” tandasnya. (far)