Home > METRO BERITA > Aksi ‘Pungli’ Mewabah di Wisma Perdamaian

Aksi ‘Pungli’ Mewabah di Wisma Perdamaian

METROSEMARANG.COM – Aksi pungutan liar (pungli) yang dibingkai dalan sebuah pameran kartun bertebaran di Wisma Perdamaian (Wisper) Semarang pada Minggu (30/10). Pameran kartun berskala internasional itu bertajuk Semarang Cartoon Club (SECAC) International Exhibition 2016 dan diikuti sekitar 60 kartunis dari berbagai negara.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Tema kartun yang ditampilkan peserta bebas tapi kebanyakan yang ada di Wisper memuat pesan kritik yang berkembang ditengah masyarakat, salah satunya pungli yang jadi pilihan pemberitaan belakangan ini,” aku Arif Srabilor, Humas SECAC kepada¬†metrosemarang.com.

Ia menuturkan kartun pungli memang banyak menghiasi lokasi pameran kartun karena sedang disoroti oleh masyarakat Indonesia. Ada lebih dari empat kartunis yang memilih memajang kartun ‘pungli’.

Pada umumnya mereka menampilkan gambar dengan sindiran yang tajam namun lucu afar mudah diingat pengunjung. Salah satu kartun ‘pungli’ yang mencuri mata yaitu penampilan wajah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo lengkap dengan pesan-pesan memerangi aksi pungli.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Ada pula kartunis yang menyindir perilaku pungli dalan bentuk gambar strip. Bagi warga Semarang yang menghabiskan akhir pekannya di Wisper pada hari ini, suguhan pameran kartun itu jadi pilihan tepat untuk melepas penat.

Lebih jauh, Arif menguraikan, terdapat 60 kartunis yang tampil dalam pameran itu. Mereka datang dari berbagai negara mulai Iran, Amerika Serikat, Belanda, Perancis, Angola, Jepang hingga Korea Selatan.

“Di Indonesia yang ikut ada 40 kartunis lalu ada dari Iran, Pakistan, Amerika, Jepang, Afrika, dan lima kartunis dari Eropa,” ungkap Arif.

Ia berjanji bakal menampilkan pameran kartun lebih semarak pada 4 November 2016 nanti. Bertempat di Simpang Lima dan lokasi bebas kendaraan (car free day), ia dan ratusan kartunis lainnya akan menggelar pameran lebih meriah.

Sementara Rahma Dewayanti, warga Kendal pun rela datang jauh-jauh untuk melihat pameran kartun tersebut. Baginya itu cukup menghiburkan saat jalan-jalan dengan temannya di Semarang.

“Ini saya lagi selfie sama teman-teman di depan kartunnya Pak Ganjar,” katanya. (far)