Home > METRO BERITA > Alat Musik dari Pulau Rote Ini jadi Daya Tarik Pengunjung Ranggawarsita

Alat Musik dari Pulau Rote Ini jadi Daya Tarik Pengunjung Ranggawarsita

METROSEMARANG.COM – Puluhan siswa SMP Negeri 40 Semarang tampak antusias berkeliling ruang pameran alat musik Nusantara di Museum Ranggawarsita.

Alat musik Sasando menjadi salah satu daya tarik di Museum Ranggawarsita. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Alat musik Sasando menjadi salah satu daya tarik di Museum Ranggawarsita. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Salah seorang siswa, Lutfi Kharis tertarik dengan keunikan yang dimiliki tiap alat musik. “Seru bisa lihat Sasando secara langsung, tapi sayangnya nggak boleh dipegang,” tutur siswa kelas IX tersebut, Sabtu (22/10).

Sasando merupakan alat musik asli Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Terbuat daun lontar sebagai resonatornya dan dilengkapi dengan dawai. Sasando yang dipamerkan tersebut milik Museum Negeri Nusa Tenggara Timur.

Saat ini Sasando telah dikembangkan jenisnya menjadi Sasando elektrik atas prakarsa seniman Pulau Rote, Edu Pah. Keterangan mengenai semua alat musik yang dipamerkan lengkap ditulis dalam buku katalog yang disediakan.

Sasando tersebut merupakan salah satu koleksi alat musik tradisional dari 23 museum se-Indonesia yang dipamerkan di Museum Ranggawarsita Semarang hingga Senin (24/10) besok.

Bagi Lutfi dan teman-temannya, pameran kali ini setidaknya bisa menambah wawasan mereka tentang ragam alat musik tradisional. “Ternyata ada banyak alat musik yang saya belum tahu. Unik dan menarik,” cetusnya. (vit)