Home > METRO BERITA > Sosialita > Alberto “Jelly” Santoso: Meracik Minuman Secara Otodidak

Alberto “Jelly” Santoso: Meracik Minuman Secara Otodidak

image
Jelly (foto:Metro Semarang/Ade Lukmono)

BERNAMA lengkap Alberto Kristoto Hari Santoso, pria yang akrab disapa Jelly ini mengoleksi beberapa piagam dan tropi penghargaan di bidang bartending. Selain itu, Jelly juga mahir meracik kopi menjadi minuman yang lezat.

Pada Mei 2014 lalu, dia mendapatkan juara pertama tingkat Jateng-DIY dalam lomba Coffee Creation. “Saya pernah menang lomba juara pertama dalam lomba mixing contest pada 2008 di Mal Ciputra,” kata dia. Dalam Mix Drink Competition, dia menyabet juara kedua pada 2013 lalu.

Lulusan Akademi Pariwisata ini mengaku, dalam berbagai kompetisi, dia lebih mementingkan performance dan rasa minuman untuk dinilai para juri. “Kalau lomba kreasi minuman, juggling tidak dinilai,” ujarnya.

Dalam setiap lomba yang diikuti, dia meracik sendiri campuran minumannya. “Secara garis besar, minuman yang biasa dilombakan adalah Cocktail dan Mocktail,” kata pria asal Pekalongan ini. Pria kelahiran Pekalongan, 22 Januari 1977 ini, tidak pernah mencontek resep dari minuman yang sudah ada. Keahliannya mengkreasikan minuman didapat dari percobaan.

Dia menjelaskan, Cocktail adalah campuran minuman yang mengandung alkohol. Sedangkan Mocktail adalah minuman yang terdiri dari campuran beberapa bahan yang tidak mengandung alkohol. Dia menambahkan, Mocktail merupakan minuman sehat lantaran terbuat dari bahan-bahan alami atau tambahan sayuran yang di-blender.

Pria keturunan Indo-Belanda tersebut sebenarnya tidak serta merta menggeluti dunia bartending. Sebelumnya dia pernah aktif dalam dunia modeling pada 1995 sampai 2001. “Setelah itu, saya banting setir menjadi seorang pembalap motor cross sampai 2011. Setelah itu, barulah dia bekerja di Putir Bar Hotel Horison sebagai Bar Captain. (ade)