Home > METRO BERITA > Alpukat Seukuran Kepala Bayi Muncul di Plasa Simpang Lima

Alpukat Seukuran Kepala Bayi Muncul di Plasa Simpang Lima

METROSEMARANG.COM – Buah alpukat normalnya berukuran dua kepalan tangan orang dewasa. Tetapi alpukat yang ditanam di Ngasem Lor Jetis Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang memiliki ukuran super besar. Satu buah alpukat berjenis Wina ini memiliki berat hingga 2 kilogram atau nyaris seukuran kepala bayi.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Suryan, salah satu anggota Asosiasi Petani Alpukat Berkah Jaya mengaku Alpukat Wina memang punya ukuran besar. Alpukat ini masuk dalam jenis alpukat mentega dengan kulit berwarna hijau mengkilat dan tebal sehingga lebih tahan la saat di simpan.

“Ini seminggu disimpan juga bisa bahkan memang sekitaran seminggu akan matang sempurna,” beber Suryan saat ditemui dalam acara pameran hasil pertanian Kabupaten Semarang di Plasa Simpang Lima lantai 1, Minggu (13/11) sore.

Keunggulan lain dari Alpukat Wina yaitu daging buahnya tebal dan rasanya lebih enak dibanding alpukat biasa. Suryan mengaku memiliki 16 pohon buah jenis ini.

Menurut dia, di desanya hampir semua rumah memang memiliki pohon alpukat. “Saya kemarin baru memperoleh sekitar Rp 8,5 juta dari satu pohon. Satu pohon bisa menghasilkan 1 ton,” imbuhnya.

Untuk membudidayakan alpukat Wina, ia mengaku membutuhkan perawatan yang baik. Mulai dari pemupukan hingga penyemprotan pohon dari gangguan hama seperti ulat. Tata cara budidaya tersebut diperolehnya usai bergabung dengan Asosiasi Alpukat Berkah Jaya.

“Awalnya pohon (alpukat) milik saya ndak bagus. Tapi setelah dikasih tahu cara budi daya, sekarang alhamdulillah berbuah dengan kualitas bagus,” pungkasnya. (vit)