Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > ‘Alumni’ Pimnas Diminta Go Internasional

‘Alumni’ Pimnas Diminta Go Internasional

image
Wamendikbud Prof Musliar Kasim membuka Pimnas ke-27 di Undip. Foto Metrosemarang/Jojo

SEMARANG – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-27 tahun 2014 resmi dimulai, Selasa (26/8). Sebanyak 440 tim peneliti mahasiswa dari seluruh Indonesia akan berkompetisi di Universitas Diponegoro (Undip) hingga 29 Agustus mendatang.

“Hasil Pimnas sebisa mungkin dilanjutkan ke ajang lomba internasional. Hal ini supaya Bangsa Indonesia percaya diri dan mampu, selain itu generasi bangsa juga harus diberikan wadah agar mereka bisa produktif,” demikian Prof Musliar Kasim, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, saat membuka Pimnas ke-27 di Lapangan Widya Puraya Undip.

Dia berharap, para pemenang Pimnas ke-27 ini bisa go internasional untuk mewakili Indonesia.

Para peserta Pimnas ke-27 merupakan hasil seleksi berjenjang dari pengusul program PKM pada 2013 yang memperoleh dana pelaksanaan pada 2014. Hasilnya, terpilih sebanyak 440 proposal terbaik dari 7.300 proposal penelitian mahasiswa yang didanai Dikti Kemdikbud. Tuan rumah Undip sendiri menurunkan 13 tim.

Sementara, Rektor Undip, Prof Sudharto P Hadi menyebut, pelaksanaan Pimnas kali ini ada kemiripan dengan kompetisi serupa yang digelar di Undip pada tahun 1998 silam. “Pimnas tahun ini juga bertepatan dengan masa transisi pemerintahan. Kami berharap, Pimnas kali ini mampu mengantarkan pemerintahan baru menjadi lebih baik melalui karya dan gagasan inovatif mahasiswa di seluruh penjuru Nusantara,” katanya.

Sesuai data, jumlah usulan proposal yang masuk ke Kemdikbud itu 44.752 buah. Jumlah itu meningkat sekitar 16 persen dibamding tahun sebelumnya, dengan 38.485 usulan. Peningkatan jumlah peserta tersebut, menurut Sudharto, menunjukkan indicator yang baik dalam mendorong kreatifitas mahasiswa di bidang PKM (program kreatifitas mahasiswa).

Pembukaan Pimnas ke-27 ini juga dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Kapolda Jateng, Kapolres Kota Semarang dan sejumlah pimpinan perguruan tinggi baik swasta maupun negeri.

Perwakilan masing-masing kontingen tampil mengenakan pakaian adat daerah. Mereka duduk sepasang-sepasang di tenda khusus. Warna-warni bendera almamater menunjukkan asal kampus mereka.

Para peserta Pimnas akan berlaga dalam kategori Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penelitian, PKM Penerapan Teknologi (PKMT), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKMM), PKM Karsa Cipta (PKMKC), dan PKM Artikel Ilmiah (PKMAI).  (joe)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link