Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Aman Konsumsi Hidangan Lebaran, Imbangi dengan Sayuran

Aman Konsumsi Hidangan Lebaran, Imbangi dengan Sayuran

image

MENU hidangan Lebaran memang terlalu sayang untuk dilewatkan. Tapi, Anda juga harus berjaga-jaga dengan kemungkinan meningkatnya tensi darah atau kolesterol yang diakibatkan dari makanan yang dikonsumsi saat Lebaran. Ada baiknya Anda tetap mengimbangi dengan konsumsi sayuran.

Anda juga tahu bahwa sayuran dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah munculnya penyakit kronis.

Namun ternyata sayuran memiliki manfaat lebih dari itu. Seperti dikutip dari CNN, sayuran memiliki 4 manfaat yang bisa membuat Anda terkejut, yakni :

1. Melawan kembung

Beberapa dari kita mempercayai bahwa memakan sayuran dapat membuat perut kembung. Pendapat ini justru keliru. Hampir sebagian besar sayuran berguna untuk mencegah kembung di perut. Sebab sayuran kaya akan serat yang berguna untuk membuang kotoran dan sisa pencernaan, serta mencegah sembelit dengan cara menjaga pergerakan sistem pencernaan

Perut kembung biasa terjadi jika kita mengonsumsi terlalu banyak sodium, yang banyak ditemukan di dalam garam. Sebagian besar orang dewasa di Amerika mengonsumsi sodium 2 kali lebih banyak daripada standar yang disarankan. Memakan seiris daging bakar dan biskuit telur seperti yang dijual di restoran pada umumnya, atau semangkuk sup instan berarti mengonsumsi kebutuhan sodium selama sehari dalam sekali makan.

Sayuran juga kaya akan potasium dan air, yang dapat membantu mengeluarkan sodium dari dalam tubuh sembari menormalkan keseimbangan cairan tubuh.

Untuk meringankan rasa penuh di perut, cobalah untuk memakan timun, tomat, selada hijau maupun merah.

Jika Anda mengalami kembung ketika mulai menambah porsi sayuran, cobalah untuk menyantap sayuran yang dikukus. Panas yang dihasilkan dari proses pengukusan akan menurunkan serat dan membantu tubuh menyesuaikan kebutuhan serat secara perlahan.

2. Sayuran Menciptakan Aura Muda

Ingin kulit tampak lebih muda? Sayuran mencegah tanda-tanda penuaan, menjaga kulit tetap muda dan menyediakan phytonutrients, vitamin C dan air.

Kebanyakan sayuran mengandung 85-95 persen air yang dapat melembabkan kulit dan mengurangi kerutan. Dan phytonutrients, yang terdapat di semua sayuran, dapat menghambat penuaan dini dengan mencegah kerusakan sel karena stres, paparan sinar matahari, pokusi dan racun lingkungan lainnya. Sedangkan vitamin C memperbaiki pembentukan kolagen.

Pilihlah sayuran berwarna merah maupun oranye terang, seperti tomat, paprika, labu merah, wortel dan jeruk untuk menikmati manfaat beta-karoten, yakni membuat kulit cerah dan sebagai perlindungan kulit dari ganasnya sinar matahari. Sayuran merah seperti tomat juga mengandung lycopene yang dapat berperan sebagai tabir surya alami.

3. Sayuran Mengurangi Stres

Stres dapat membuat kita lelah dan moody, sehingga menyembunyikan kemampuan kita untuk memilih makanan bernutrisi. Hasilnya, kita pun terus-terusan merasa lapar dan meraup makanan terlalu banyak.

Sementara itu, nutrisi seperti magnesium dan vitamin C cepat hilang selama kita stres. Untungnya vitamin C sangat mudah ditemukan di hampir semua sayuran. Sama halnya dengan omega-3 dan vitamin B yang dapat melawan kecemasan dan depresi.

Potasium dan magnesium yang ditemukan di beberapa sayuran juga dapat menenangkan kita, sementara di dalam tubuh, kedua nutrisi ini merilekskan pembuluh darah dan menjaga tekanan darah tetap normal. Sedangkan serat membuat gula darah stabil, mencegah penurunan energi dan perubahan mood yang drastis.

Untuk meredakan stres, makanlah sembarang sayuran. Jamur, sayuran hijau, labu, kentang, paprika, bayam, pok choy, adas, dan kacang panjang adalah sumber berbagai vitamin dan mineral.

4. Sayuran Melindungi Tulang

Sebagian besar orang berpikir bahwa pelindung tulang hanyalah makanan yang berasal dari susu sapi, karena mengandung kslsium dan vitamin D yang cukup tinggi. Tetapi beberapa sayuran juga memiliki nutrisi seperti yang dimiliki susu, ditambah vitamin K sebagai zat pembentuk tulang, magnesium, potasium dan serat prebiotik.

Tomat secara khusus telah dihubungkan dengan masalah kesehatan kulit. Sebab berdasarkan penelitian ditemukan fakta bahwa jika kita mengurangi atau tidak mengonsumsi tomat sama sekali, kita berada pada peningkatan resiko osteoporosis.

Makanlah sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, brokoli dan kacang polong untuk mendapatkan kalsium dan vitamin K. Jamur mengandung vitamin D, sedangkan asparagus, bawang merah, bawang putih dan daun bawang merupakan sumber serat prebiotik. (ren)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link