Home > METRO BERITA > Amankan Kartu Debit, Gunakan Password!

Amankan Kartu Debit, Gunakan Password!

image
Ilustrasi

SEMARANG – Tidak adanya password pada kartu debit ternyata memberi peluang terjadinya tindak kejahatan. Sebagaimana yang dilakukan dua tersangka pencurian, David Hermawan Sutrisno (20) dan Agung Riyadi (27).

Pelaku yang diamankan petugas Reskrim Polrestabes Semarang tersebut awalnya hanya iseng menggunakan kartu yang ditemukannya untuk belanja.

“Awalnya kami hanya iseng belanja di mal pakai kartu itu. Ternyata setelah digesek tidak ada passwordnya,” terang tersangka David kepada metrosemarang.com.

Seperti aji mumpung, mengetahui kartu tersebut tak berpassword, para tersangka langsung memborong berbagai barang. Di antaranya 7 buah handphone yang rencananya hendak dijual kembali.

Selama satu bulan, tersangka berbelanja ke mal menggunakan kartu debit itu selama empat kali. Total uang yang dibelanjakan mencapai Rp 24 juta. “Terakhir kami ingin berbelanja, tapi sudah diblokir. Kartu itu lalu saya simpan di saku celana,” timpal Agung.

Terkait tidak adanya password, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Djihartono menghimbau agar masyarakat lebih memperhatikan keamanan. “Kami mengimbau kepada masyarakat khususnya pengguna kartu debit untuk menggunakan password. Supaya kasus-kasus semacam ini bisa dihindarkan,” ungkapnya. (les)