Home > METRO BERITA > Anak ‘Kecelakaan’ Malah ke Kuburan, Rp 27 Juta Melayang

Anak ‘Kecelakaan’ Malah ke Kuburan, Rp 27 Juta Melayang

image
Ilustrasi

SEMARANG – Mendapat kabar bahwa anak kesayangannya yang berada di Jakarta terlibat kecelakaan, Tuti Hartini (68) diserang panik. Tanpa melakukan pengecekan atas informasi itu, warga Semarang Selatan itu justru menuju ke sebuah kuburan. Yakni Makam Sompok di Jalan Sompok Semarang.

Di area kuburan itulah Tuti menyerahkan uang tunai Rp 27,5 juta kepada seorang laki-laki tak dikenal. Dipaparkannya, kejadian itu bermula ketika dia menerima panggilan telepon Kamis (21/08). Pria di balik telepon mengabarkan bahwa anak Turi, Arifudin Agung Darmawan terlibat kecelakaan. “Mendengar itu saya kaget sekali. Karena anak saya jauh, ada di Jakarta,” terangnya saat melapor.

Tuti mengira, pria tak dikenal yang menghubunginya itu merupakan teman anaknya. Sehingga saat pelaku meminta uang Tuti hanya mengiyakan. “Dia (pelaku-red) bilang uang itu untuk mengurus biaya rumah sakit anak saya. Jadi saya langsung mau saja,” imbuhnya.

Pelaku kemudian mengajak bertemu di Makam Sompok. Meski tidak mengenal pelaku dan bertemu di kuburan, Tuti tidak curiga dan uang tunai Rp 27,5 juta pun diserahkan cuma-cuma. “Saya sadar kalau kena tipu setelah saya menghubungi anak saya. Ternyata dia sehat dan tidak terlibat kecelakaan,” ujarnya.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, AKBP Wika Hardianto menyatakan kasus dengan modus “kabar buruk” tersebut sudah biasa terjadi. Namun masyarakat masih juga banyak yang menjadi korban.

“Kasus itu terus kami tangani. Selebihnya masyarakat harus lebih waspada. Ketika mendapat informasi lebih baik dipastikan dulu kebenarannya. Karena modus kejahatan sekarang macam-macam,” kata Wika. (les)