Anak Muda Harus Tanggap Bencana Fisik Hingga Bencana Sosial

tanggap bencana
Kegiatan bimtek pemuda tanggap bencana yang digelar oleh Dispora Kota Semarang. (foto: metrosemarang.com/Masrukhin Abduh)

 

METROSEMARANG – Dinas Kepemudaan dan Olah Raga (Dispora) Kota Semarang mendorong supaya pemuda dapat terlibat dan peduli dalam hal kebencanaan. Selain bencana secara fisik, juga non fisik seperti maraknya hoax yang harus menjadi perhatian bersama. Dorongan supaya generasi muda ikut terlibat dalam tanggap bencana ini ditandai dengan digelarnya bimbingan teknis (bimtek) pemuda tanggap bencana oleh Dispora Kota Semarang.

 

Dalam kegiatan yang diikuti oleh ratusan pemuda se-Kota Semarang tersebut, Kepala Dispora Kota Semarang Gurun Risyadmoko menegaskan, bahwa peran pemuda dalam menanggulangi bencana sangat diharapkan. ‘’Bukan saja bencana secara fisik. Namun juga bencana sosial seperti maraknya hoax atau berita tidak benar,’’ katanya, Rabu (18/4). Kegiatan bimbingan teknis pemuda tanggap bencana sendiri berlangsung dua hari pada Selasa dan Rabu (17-18/4)

 

Untuk itu, lanjut Gurun, pemuda harus mempunyai pemahaman yang benar terkait masalah kebencanaan dan mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan saat ada bencana, baik bencana secara fisik maupun bencana sosial. Dukungan akan keterlibatan pemuda dalam kebencanaan juga disampaikan Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo. Menurutnya, pemuda sudah seharusnya peduli dan tanggap akan kebencanaan.

 

‘’Bencana itu menjadi tanggung jawab semua, termasuk di dalamnya pemuda yang potensinya luar biasa. Bisa berpartisi dalam pencegahan, saat terjadi bencana hingga pasca bencana,’’ katanya. Sehingga pihaknya juga mendukung adanya bimbingan teknis mitigasi bencana kepada para pemuda karena mereka juga harus dilatih. (duh)