Ancam Ledakkan Java Mall, Pria Ini cuma Ingin Minta ‘Jatah’

METROSEMARANG.COM – Jajaran Polrestabes Semarang berhasil meringkus pelaku teror bom Java Mall Semarang. Tersangka bernama Nurman Dwiyantoro (48) berhasil dibekuk di rumahnya Desa Banget RT 02 RW 01 Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, Senin (12/12) pukul 03.00 dini hari.

Pelaku teror bom Java Mall (kaus coklat) digelandang ke Mapolrestabes Semarang. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji mengatakan, ancaman teror bom dilakukan pada 6 Desember lalu. Selain itu pelaku telah mengancam sebanyak 4 kali dalam kurun waktu 3 bulan terakhir dan dilakukan ke sasaran yang sama yakni pusat perbelanjaan Java Mall Semarang.

“Yang bersangkutan menelepon 108, menanyakan nomor telepon reception Java Mall. Kemudian yang bersangkutan menghubungi Java Mall dan menyampaikan bahwasanya ia telah memasang bom di area Java Mall,” tutur Abiyoso Seno Aji saat gelar perkara, Senin (12/12).

Tersangka melakukan ancaman ini sebagai pelampiasan emosi, lantaran ia tak diberikan jatah uang bulanan oleh orang tuanya. Dia diketahui juga sedang mengalami gangguan jiwa dan saat ini sedang dalam perawatan.

“Selama ini saya sakit hati sama ayah saya. Soalnya setiap saya minta tambahan uang kiriman bulanan untuk menafkahi istri dan anak saya nggak dipenuhi,” tutur Nurman.

Dalam sebulan ia mengaku dijatah uang oleh orang tuanya senilai Rp 1 juta. Uang tersebut biasanya akan dibagi buat istrinya Rp 300 ribu dan sisanya untuk dirinya.

Atas perbuatanya, tersangka dijerat UU No 15 Tahun 2003 tentang pemberantasan terorisme dan UU No 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE). (fen)

You might also like

Comments are closed.