Home > METRO BERITA > Sosialita > Andreas Blontang: Doyan Abadikan Makhluk Astral

Andreas Blontang: Doyan Abadikan Makhluk Astral

Andreas Blontang Foto Metrosemarang/Ade Lukmono
Andreas Blontang
Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

BAGI para seniman di Semarang, nama Andreas Blontang mungkin sudah sangat akrab di telinga. Pasalnya, pria 65 tahun ini merupakan seniman yang konsisten menggeluti dunia seni lukis di Kota Lumpia sejak 1978 lalu.

Dia bahkan pernah menyabet beberapa rekor Muri, di antaranya sebagai pelukis kartu lebaran terbesar. Selain itu, lukisan Yesus sedang memberi makan 5.000 jemaat juga memecahkan rekor Muri. “Lukisan ini (red-Yesus) saya buat di kain sepanjang 20 meter dan saya selesaikan dalam waktu sekitar lima jam,” kata pemilik nama lengkap Andreas Subardjo ini.

Tak hanya itu, namanya juga abadi di museum rekor berkat kemampuannya mengabadikan makhluk astral. Andreas mengklaim, dialah orang yang pertama kali mempopulerkan lukisan alam gaib di dunia internasional. Salah satu karyanya yang cukup populer adalah lukisan hantu Lawang Sewu.

Prestasinya yang mendunia tersebut dibuktikan dengan cara menggelar berbagai pameran di berbagai belahan dunia, seperti di Eropa, Asia dan Amerika. Dia mengatakan, ada 47 piagam internasional yang dia koleksi sampai saat ini.

Di Indonesia, pria kelahiran Jakarta 15 September 1949 ini juga memiliki 124 piagam dalam negeri. “Kalau piagam-piagam saya dipajang di Galery Sanggar Blontang (galeri lukisan miliknya) semua, pasti tempatnya tidak akan cukup,” kata dia sambil tertawa. (ade)