Home > METRO BERITA > Anggaran Pakan Minim, Ratusan Satwa Bonbin Mangkang Terancam Mati

Anggaran Pakan Minim, Ratusan Satwa Bonbin Mangkang Terancam Mati

image

SEMARANG – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Margasatwa (Bonbin) Mangkang di Kota Semarang kekurangan anggaran untuk biaya membeli pakan hewan yang ada di tempat itu. Semakin bertambahnya jumlah dan besarnya hewan yang ada di bonbin menjadi alasan untuk miminta tambahan dana.

Kepala UPTD Taman Margasatwa Mangkang Kusyanto mengatakan, pihaknya meminta tambahan anggaran biaya untuk pakan hewan di APBD perubahan 2014 ini menjadi sebesar Rp 52 juta. Selama ini anggaran untuk membeli pakan itu besarannya hanya Rp 40 juta per tahun dan sudah tidak mencukupi.

‘’Anggaran pakan selama ini sudah tidak mencukupi dengan kebutuhan pakan hewan di bonbin yang sudah bertambah besar dan bertambah jumlahnya,’’ kata Kusyanto, Rabu (13/8/2014)

Menurutnya, kebutuhan pakan hewan yang ada di bonbin sudah mencapai puluhan kilogram daging ayam yang dikombinasi dengan daging sapi. Jumlah itu karena semakin bertambahnya jumlah hewan di bonbin dari hasil peranakan yang kini anakannya tersebut semakin tumbuh besar.

Dia mengatakan, di Bonbin Mangkang ini terdapat di antaranya harimau dan singa yang berjumlah 9 ekor. Selain itu ada buaya, elang, biawak dan lainnya yang pakanannya setiap harinya harus berupa daging. Setiap hari kurang lebih harus disediakan 20 kilogram daging untuk memberi makan hewan-hewan tersebut. ‘’Untuk harimau saja habis 3-4 ekor sekali makan,’’ kata Kusyanto. (MS-13)